Ngaku Letkol, Ini Pengakuan Tentara Gadungan yang Diamankan di Bondowoso

Chuk S WIdarsha - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 13:48 WIB
tentara gadungan diamankan di bondowoso
Tentara gadungan yang diamankan (Foto: Chuk S Widarsha/File)
Bondowoso -

Seorang warga Bandung, Ferdinand Mesias Santi (45), diamankan karena mengaku sebagai tentara berpangkat Letkol. Begini pengakuan pelaku.

"Saya jadi kontraktor di Bandung," aku Ferdinand (45), kepada detikcom di Polres Bondowoso, Rabu (17/6/2020).

Namun pengakuan Ferdinand sebagai kontraktor ini belum diketahui secara pasti karena pengakuan itu hanya dari dirinya saja. Dan pengakuan tersebut disampaikan setelah pria ini ditangkap aparat karena mengaku tentara.

Selain itu, dalam kesehariannya Ferdinand juga mengaku melakukan jual beli mobil bekas. Bahkan, dia kerap bepergian ke luar kota, bahkan ke luar Jawa. Meski, belum dipastikan juga motivasi dia ke luar Jawa tersebut.

"Sebelumnya, saya juga ke pulau Alor dan sekitarnya di NTT. Ada urusan di sana," kata dia.

Belakangan diketahui jika Ferdinand saat ke Kodim Bondowoso dan Polres Alor juga mengaku sebagai tentara berpangkat Letkol yang berdinas di Mabes AU. Kepada aparat di sana, dia mengaku sedang ada urusan bisnis.

Ditanya tentang dari mana seragam TNI berserta tanda pangkatnya, Ferdinand mengaku sengaja membelinya di Pasar Senen, Jakarta. Termasuk sepatu serta sejumlah atribut lainnya.

"Saya sengaja membeli di pasar senen, jakarta. Untuk gagah-gagahan, serta biar dibilang tentara beneran," terang Ferdinand.

Sebelumnya, seorang tentara gadungan berpangkat Letkol dibekuk aparat Kodim Bondowoso. Selain mengaku sebagai tentara, pelaku juga diduga hendak melakukan penipuan.

IModus yang digunakan Letkol gadungan tersebut yakni dengan berpura-pura hendak melakukan transaksi jual beli mobil. Pelaku datang ke Bondowoso bersama seorang wanita dan sopir menggunakan sebuah mobil dari Malang. Tujuannya, akan bertransaksi dengan warga Bondowoso.

Simak video 'Polisi Gadungan Rampas Uang dan Ponsel Wanita di Kendari':

(iwd/iwd)