Begini Cara Pebisnis Empedu Kobra Selamat dari Gigitan Ular Berbisa

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 19:11 WIB
Empedu ular kobra dipercaya mempunyai banyak khasiat bagi manusia. Warga Kabupaten Mojokerto, Muhammad Arifin (43) menjadikan itu sebagai peluang bisnis.
Pebisnis empedu ular kobra di Mojokerto, Muhammad Arifin (43)/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto -

Muhammad Arifin (43) sudah 6 tahun menekuni bisnis empedu ular kobra. Warga Kabupaten Mojokerto ini mempunyai cara khusus agar selamat dari gigitan ular berbisa tersebut.

Arifin akrab disapa Cak Bulus di kampungnya. Di usianya yang hampir setengah abad, dia masih berpenampilan seperti anak muda. Salah satunya, rambut bapak 3 anak ini dicat pirang.

Namun, di balik penampilannya yang nyentrik dan cara bicaranya yang lucu, Arifin piawai menangani ular kobra. Menangkap ular kobra dari sangkar dengan tangan kosong, sudah menjadi rutinitas Cak Bulus. Dia hanya memakai sarung tangan kain setiap menangkap kobra.


"Selama enam tahun, alhamdulillah baru satu kali saya digigit kobra," kata Arifin kepada wartawan di rumahnya, Dusun Tunggulmoro, Desa Kutoporong, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, Selasa (16/6/2020).

Beruntung gigitan kobra tidak berakibat fatal bagi Arifin. Saat itu, dia merasa detak jantungnya melemah. Dia lantas menghisap bekas gigitan di tangannya menggunakan mulut.

"Juga saya tempelkan keris warisan kakek saya ke bekas gigitan. Kemudian saya minum empedu kobra sebagai penawar racun. Alhamdulillah sembuh," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3