Ini Upaya BKSDA Banyuwangi Agar Kawah Ijen Kembali Dibuka

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 16:34 WIB
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Banyuwangi belum bisa membuka kembali penambangan belerang di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen.
Penambang belerang di Kawah Ijen/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Banyuwangi belum bisa membuka kembali penambangan belerang di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen. Mengapa demikian?

Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Banyuwangi, Purwantono mengatakan, desakan pembukaan kembali TWA Kawah Ijen untuk penambangan belerang sudah diajukan beberapa pihak. Di antaranya para penambang dan operator tambang belerang, PT Candi Ngrimbi.


Namun, kata dia, pihaknya tidak bisa memberikan persetujuan terkait dibuka tidaknya Kawah Ijen. Karena semuanya menjadi wewenang dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur di Surabaya.

"Belum ada surat edaran dari balai (BBKSDA) yang dikeluarkan terkait pembukaan Kawah Ijen untuk wisata dan penambangan belerang. Jadi sementara ini masih tutup," ujarnya kepada detikcom, Selasa (16/6/2020).

Terkait permintaan tersebut, imbuh Purwantono, pihaknya berjanji akan mengajukan hasil rapat berupa tuntutan para penambang kepada para pimpinan BBKSDA di Surabaya.

Selanjutnya
Halaman
1 2