Begini Nasib Ular Sanca yang Ditangkap Saat Nangkring di Rumah Warga Jember

Yakub Mulyono - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 12:03 WIB
Seekor ular sanca kembang ditemukan di rumah warga Jember. Ular itu memiliki panjang 4 meter dengan bobot sekitar 3 kilogram.
Ular sanca kembang yang ditangkap/Foto: Yakub Mulyono
Jember -

Seekor ular sanca kembang ditangkap saat nangkring di genting rumah warga Jember. Rencananya, ular ini akan dilepasliarkan di tempat aman.

"Ular itu akan diperiksa kesehatannya, dan nanti mungkin akan dilepasliarkan di tempat aman," kata pemilik rumah, Julius Alfian Raka Putra, Selasa (16/6/2020).

Rumah itu berada di Perumahan Pondok Bedadung Indah Blok S17, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Jember. Ia menduga, ular tersebut berasal dari belakang rumah warga.


Sebab, di lokasi itu terdapat kebun bambu dan banyak semak-semak. Ditambah lagi terdapat aliran air sumber yang kemungkinan menjadi tempat nyaman bagi perkembangan ular.

"Kemungkinan ular itu dari belakang rumah karena ada pohon-pohon bambu dan semak-semak. Juga aliran air sumber jadi sungai kecil gitu," tambah Alfian.


Penemuan ular berawal dari kecurigaan sang ibu, yang mendapati itik yang dipelihara jumlahnya berkurang. Selain itu, posisi telur itik yang ada di sana juga berantakan.

"Kemudian lihat di atas genting rumah ada ular sanca kembang itu. Ibu langsung masuk rumah dan teriak minta tolong. Saya datang, dan kemudian tahu itu ular, langsung saya hubungi teman pencinta reptil," pungkas Alfian.

(sun/bdh)