Dampak Corona, Penderita Kista Ovarium Ini Kesakitan Tak Kunjung Dioperasi

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 16:15 WIB
Penderita Kista Ovarium di Mojokerto Kesakitan Tak Kunjung Dioperasi
Penderita kista ovarium berdaster (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto -

Wabah virus Corona menghambat pengobatan Siti Marlina atau Lina (43), penderita kista ovarium di Kabupaten Mojokerto. Dia harus menahan sakit pada perut dan dadanya selama 4 bulan terakhir karena pihak rumah sakit tak kunjung melakukan operasi.

Perut Lina terlihat buncit layaknya perempuan sedang hamil. Dia duduk bersandar di kursi ruang tamu rumahnya sambil menahan sakit pada perut sebelah kanan. Dia juga merasakan sesak nafas karena perutnya semakin membesar ke bagian dada.

"Sakitnya di bagian dada dan perut sebelah kanan," kata Lina saat ditemui wartawan di rumahnya, Dusun Jatikulon, RT 5 RW 1, Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar, Senin (15/6/2020).

Selama ini, Lina tinggal berdua dengan ibunya, Asmiyani (87) di rumah yang sangat sederhana. Untuk makan sehari-hari, dia mengandalkan kiriman dari adik kandungnya, Siti Arikah (40). Karena Lina juga mengalami keterbelakangan mental. Sehingga bicaranya tidak begitu jelas.

Arikah menuturkan, Lina belum pernah menikah karena mengidap keterbelakangan mental. Dia sempat mengira perut Lina yang buncit akibat penumpukan lemak.

Baru awal Februari 2020, dia memeriksakan Lina ke Puskesmas Gayaman, Mojoanyar. Pengobatan kakak kandungnya itu menggunakan fasilitas Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang iurannya ditanggung pemerintah.

"Puskesmas saat itu merujuknya ke RS Gatoel (di Kota Mojokerto). Setelah diperiksa oleh dokter kandungan di RS Gatoel, baru diketahui kakak saya kena kista ovarium sehingga perutnya buncit, bukan hamil. Dokter menyarankan untuk operasi," terangnya.

Namun, dokter RS Gatoel tak berani mengoperasi Lina. Sehingga saat itu, pihak rumah sakit merujuk Lina ke Surabaya. Menurut Arikah, pihak rumah sakit sempat menawakan alternatif rumah sakit rujukan untuk Lina.

Selanjutnya
Halaman
1 2