Balon Udara Nyangkut Kabel, 21.669 Pelanggan PLN di Ponorogo Mati Listrik

Charoline Pebrianti - detikNews
Minggu, 14 Jun 2020 20:19 WIB
balon udara nyangkut kabel listrik
Foto: Tangkapan layar
Ponorogo -

Balon udara tanpa awak ternyata masih beterbangan di Ponorogo. Bahkan salah satu balon udara tersebut ada yang jatuh menimpa kabel listrik. Akibatnya ada 21.669 pelanggan PLN kena dampak mati lampu selama 35 menit.

"Ada penemuan balon udara di depan Perumda Ponorogo," tutur Manager PLN UP3 Ponorogo Redi Zusanto kepada detikcom, Minggu (14/6/2020).

Redi menambahkan pihaknya terpaksa melakukan pemadaman emergency karena gangguan ini. Agar mempermudah petugas PLN dalam mengevakuasi balon udara tersebut.

"Petugas mengetahui kejadian ini sekitar pukul 17.51 WIB dan pemadaman sekitar pukul 17.55 hingga 18.30 WIB," jelas Redi.

Menurut Redi, akibat balon udara yang menyangkut kabel listrik tersebut ada 3 kecamatan yang terdampak pemadaman. Yakni Kecamatan Babadan, Sampung, dan Sukorejo.

"Saat ini balon sudah kami serahkan ke Polsek Babadan untuk diamankan," ujar Redi.

Redi mengaku selama dua bulan terakhir, PLN menemukan delapan balon udara tanpa awak yang nyangkut di kabel listrik.

"Alhamdulilah, semua sudah tertangani dengan baik. Petugas dengan sigap langsung mengevakuasi balon udara. Kalau tidak pasti kabel sudah terbakar karena di dalam balon ada api yang menyala," tandas Redi.

Pantauan detikcom, kejadian ini pun sempat direkam oleh warganet serta diunggah kedalam instagram @infoponorogo dan disukai oleh 1.149 orang.

Salah satu akun, @belvamut menuliskan" tangkap". Sedangkan akun, @novitasukmaw17 menuliskan" balon Bar-bar wkwkwk".

(iwd/iwd)