Anggota DPRD Benarkan 'COVID-19 Adalah Opini' Diucapkan Sekda Bondowoso

Chuk Shatu Widarsha - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 12:31 WIB
Sebuah video berisi ucapan COVID adalah opini beredar luas. Anggota DPRD Bondowoso membenarkan bahwa statement itu diucapkan sekda setempat.
Diskusi virtual yang beredar/Foto: Tangkapan Layar
Bondowoso - Sebuah video berisi ucapan 'COVID-19 adalah opini' beredar luas. Anggota DPRD Bondowoso membenarkan bahwa statement itu diucapkan sekda setempat.

"Iya betul. Itu memang Sekda Bondowoso yang menyebut. Wong saya kebetulan memang ikut dalam diskusi virtual tersebut," kata Anggota DPRD Bondowoso, Samsul Tahar saat dikonfirmasi detikcom di rumahnya, Kamis (11/6/2020).

Ia menjelaskan, diskusi virtual dengan sebuah aplikasi itu memang membahas penanganan wabah Corona terhadap pesantren. "Peserta diskusinya memang berbagai elemen. Di antaranya para akademisi, anggota DPRD, serta sejumlah tokoh agama dan masyarakat," imbuhnya.


Data lain yang dihimpun, acara yang menjadi viral itu merupakan diskusi daring yang digelar PC PMII Bondowoso pada Selasa (9/6). Pemantik diskusi dengan tema Peran Pemerintah Terhadap Keselamatan Pesantren itu di antaranya DR Syaeful Bahar, Staf Pengajar UIN Sunan Ampel Surabaya dan DR Hermanto Rohman, Akademisi Universitas Jember.

"Pak Sekdanya memang fenomenal," kata DR Syaeful Bahar saat dihubungi detikcom.


Sebelumnya diberitakan, sebuah video berisi ucapan 'COVID-19 adalah opini' beredar luas. Suara itu diduga ucapan Sekretaris Daerah Bondowoso, Syaifullah.

"Izinkan dalam kesempatan ini, COVID saya tinggalkan dulu. Bagi saya COVID ini adalah opini yang dibangun oleh sebuah paradigma," berikut suara dalam video yang diterima detikcom.

Tonton video 'Menristek Ungkap Prakiraan Harga Vaksin Covid-19 yang Meroket':

(sun/bdh)