Dosen UK Petra Prediksi Akhir Pandemi COVID-19 September 2020

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 10 Jun 2020 10:25 WIB
Ir Hanijanto Soewandi, Dosen UK Petra Prediksi Akhir Pandemi COVID-19 September 2020
Grafik pandemi Corona (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Dua dosen Program International Business Engineering (IBE) Universitas Kristen Petra Surabaya melakukan riset untuk memprediksi berakhirnya pandemi COVID-19. Hasilnya, pandemi diprediksi akan berakhir September 2020.

Kedua dosen ini yakni Dra Indriati Njoto Bisono dan Ir Hanijanto Soewandi. Diketahui Indri merupakan Kepala Program IBE UK Petra sedangkan Hanijanto adalah dosen luar biasa program IBE UK Petra yang menjabat Vice President di MicroStrategy Technology, perusahaan software di bidang Business Intelligence atau Business Analytics, USA.

"Jika tidak ada perubahan yang mencolok dan vaksin belum ditemukan, maka untuk Indonesia pandemi diprediksi akan berakhir sekitar akhir September 2020," kata Indri dalam siaran pers yang diterima detikcom di Surabaya, Rabu (10/6/2020).

Indriati Njoto Bisono, Dosen UK Petra Prediksi Akhir Pandemi COVID-19 September 2020Indriati Njoto Bisono, Dosen UK Petra/ Foto: Istimewa

Sementara untuk akhir pandemi Corona di Jawa Timur, Indri menyebut dari data yang dianalisis, pandemi ini akan berakhir pertengahan Agustus 2020.

"Sedangkan untuk Jawa Timur, berdasarkan data mulai 25 Maret sampai dengan 5 Juni 2020 pandemi diprediksi akan berakhir sekitar pertengahan Agustus 2020. Prediksi untuk 33 provinsi yang lain dapat di monitor di laman dsi.ibe.petra.ac.id," imbuh Indri.

Prediksi yang disampaikan ini didapat melalui proses analisis dan penelitian panjang. Indri menyebut pihaknya menggunakan tiga model untuk melakukan prediksi ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2