Begini Suasana Check Point di Pintu Masuk Surabaya Usai PSBB Berakhir

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 09:25 WIB
PSBB Surabaya Berakhir, Pemeriksaan di Check Point Cito Mengendor
Suasana PSBB Surabaya berakhir (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

PSBB Surabaya Raya telah berakhir. Pengendara yang masuk ke Surabaya pun lebih banyak. Pos check point Bundaran Waru masih terpasang, meski tak ada petugas melakukan pengecekan seperti dua bulan lalu.

Dari pantauan detikcom, sejak pukul 08.00 WIB, pengendara baik motor maupun mobil lebih banyak masuk Surabaya. Namun tidak terlihat satu pun petugas yang mengecek surat, masker hingga alamat berbeda saat berboncengan.

Di lajur motor, terlihat banyak mobil yang melintas. Artinya, hari ini pengendara bisa memasuki Surabaya tanpa pengecekan.

Salah satu pengendara R2 asal Sepanjang, Sidoarjo, Hady menyayangkan tidak adanya pemeriksaan. Sebab, kendaraan dari mana saja bisa masuk ke Surabaya tanpa diperiksa terlebih dulu.

"Menyayangkan, meskipun PSBB usai setidaknya di check point masih ada pemeriksaan, bukan malah dikendori, los kan sama saja bunuh diri. Setelah PSBB seolah-olah dianggap normal terus yang dianggap transisi new normal itu apa?" kata Hady kepada detikcom saat di kawasan Bundaran Waru, Selasa (9/6/2020).

Sementara salah satu petugas Satpol PP Kota Surabaya mengatakan, dia dan rekan-rekannya di pos penjagaan tengah menunggu instruksi lebih lanjut dari Provinsi Jatim. Namun dari pantauannya, volume kendaraan memang tinggi dibandingkan saat PSBB.

"Orang sudah tidak sabar menunggu kembali aktivitas paling, tapi kalau dilihat ya lebih banyak (pengendara) dari pada waktu PSBB. Kesadaran sudah mulai tertib," tambah dia.

Untuk pelaksanaan selanjutnya, dirinya menunggu kabar dari provinsi. Sebab, dirinya tak berani secara gamblang mengambil langkah sendiri tanpa tugas dari atasan.

"Tapi ini nunggu provinsi instruksi selanjutnya bagaimana," tutupnya.

Tonton juga video 'Heboh Jadi 'Zona Hitam' Corona, #SurabayaWani Puncaki Trending Topic':

(fat/fat)