Pembunuhan Fashion Stylist Direkonstruksi, 28 Adegan Diperagakan

Yakub Mulyono - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 18:59 WIB
pembunuhan di jember
Ada 28 adegan yang diperagakan dalam reka ulang (Foto: Yakub Mulyono)
Surabaya -

Reka ulang pembunuhan terhadap seorang fashion stylist dan koreografer Yohanes Satriyo Leonardo Gery (36), digelar. Reka adegan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam itu dilakukan di dua tempat berbeda.

Pertama di tempat perencanaan ketiga pelaku saat akan melakukan pembunuhan. Dan kedua di rumah korban Jalan Kertanegara RT 03 RW 07, Lingkungan Telengsari, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates.

Ada 28 reka adegan yang dilakukan. Dimulai dari rencana pembunuhan hingga proses eksekusi. Untuk proses pembunuhan berlangsung saat adegan ke 15.

"Dalam giat reka adegan itu, kita lakukan sesuai dengan pengakuan ketiga pelaku. Yang dilakukan di dua tempat berbeda, yakni tempat perencanaan, rumah pelaku AC (Anggi Cahyo), tapi tidak dirumahnya langsung, di lokasi lain yang dianggap rumah, kemudian di Jalan Kertanegara rumah korban. Ada 28 reka adegan yang dilakukan," ujar Kasat Reskrim Polres Jember AKP Fran Dalanta Kembaren saat dikonfirmasi wartawan, Senin (8/6/2020).

Dalam reka adegan tersebut, proses pembunuhan yang dilakukan pelaku adalah pada adegan ke 15. Berdasarkan pengakuan pelaku, saat itu korban sedang tidur dan ditusuk dari belakang oleh pelaku MM (Muhadir Muhamad).

"Dari adegan itu, terus berlanjut pada proses yang lain, sebagai tambahan informasi untuk berkas perkara," sambungnya.

Dari reka adegan tersebut, kata Fran, tidak ditemukan bukti atau keterangan baru, dan semuanya sesuai dengan pengakuan para pelaku.

"Jadi sesuai dengan keterangan yang disampaikan ketiga pelaku, dan selanjutnya berkas itu akan dilengkapi, untuk nantinya setelah P21 akan kita limpahkan ke pengadilan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, seorang Fashion Stylist Jember, Yohanes Satriyo Leonardo Gery (36) tewas dibunuh tiga orang yang menyatroni rumahnya. Korban tewas setelah kepalanya dipukul tabung gas elpiji 3 kg dan punggungnya ditusuk pisau.

Ketiga pelaku yang membunuhnya adalah Muhadir Muhammad (27), Anggi Cahyo (21) dan Dwi Cahyo (19).

Pembunuhan itu dilakukan sudsh diniati sejak awal, untuk menguasai harta benda milik korban. Yakni mobil mobil Datsun Go Panca warna silver berpelat P 1268 GX.

(iwd/iwd)