Permenhub Larangan Mudik Berakhir, Terminal Purabaya Bungurasih Masih Tutup

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 14:11 WIB
Terminal Purabaya Bungurasih masih ditutup jelang psbb berakhir
Terminal Purabaya Bungurasih (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Sidoarjo -

Peraturan Menhub No 25 Tahun 2020 Tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H telah berakhir, Minggu (7/6). Namun, Terminal Purabaya Surabaya terpantau belum melayani penumpang antarkota.

Kepala Terminal Purabaya Surabaya Imam Hidayat mengatakan pihaknya belum menerima instruksi untuk membuka kembali layanan penumpang baik Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antarkota Antar Provinsi (AKAP). Saat ini, Terminal hanya melayani bus kota saja.

"Belum ada instruksi, masih tutup," kata Imam di Terminal Purabaya yang berlokasi di Bungurasih Waru Sidoarjo, Senin (8/6/2020).

Pantauan detikcom di lokasi, Terminal Purabaya memang nampak sepi. Untuk shelter pengangkut penumpang juga terlihat kosong tanpa adanya bus sama sekali. Berbeda dengan shelter bus kota yang masih terlihat beberapa bus.

Sementara untuk akses masuk bus AKAP dan AKDP di Terminal Purabaya terlihat ditutup water barrier. Sedangkan akses bus kota tetap dibuka seperti biasanya.

Tak hanya itu, di atas water barrier juga terdapat spanduk yang menuliskan pengumuman jika layanan bus AKAP dan AKDP masih diberhentikan sementara.

Dalam spanduk tersebut tertulis jika penutupan ini dilakukan mulai tanggal 28 April hingga berakhirnya masa Pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Sedangkan masa PSBB di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik akan berakhir hari ini daan masih menunggu keputusan perpanjangan atau tidaknya dari pemerintah.

Imam mengatakan pihaknya ingin terminal bisa beroperasi normal kembali. Imam menyebut banyak pihak yang kesulitan melakukan perjalanan imbas penutupan terminal.

"Kalau kami ya inginnya segera beroperasi lagi ya semoga ini boleh dibuka kembali nunggu sekalian berakhirnya PSBB yang terakhir hari ini," harap Imam.

(hil/fat)