PSBB Surabaya Raya Berakhir Hari ini, Menurut Anda Diteruskan atau Setop?

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 11:50 WIB
kemacetan psbb pertamadi surabaya raya
PSBB pertama di Surabaya (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Surabaya Raya berakhir hari ini 8 Juni 2020. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa belum memutuskan apakah PSBB Surabaya, Sidoarjo, Gresik, ini akan diperpanjang atau ini kali ini menjadi yang terakhir.

Hingga pagi ini pukul 11.00 WIB, Senin (8/6/2020) Pemprov Jatim belum menetapkan keputusan. Rencananya, keputusan diambil nanti malam. Apakah diperpanjang atau berakhir.

PSBB pertama kali dilakukan 28 April hingga 11 Mei 2020 lalu. Selanjutnya PSBB diperpanjang 12 Mei hingga 25 Mei dan diperpanjang lagi hingga 8 Juni. Terakhir, Pemprov Jatim memperpanjang PSBB mulai 28 Mei hingga 8 Juni.

Kebijakan ini tak serta merta membuat pasien COVID-19 di Surabaya menurun. Justru angka pasien terinfeksi virus Corona meningkat. Terbukti banyak klaster-klaster bermunculan. Padahal pelanggar PSBB disebut menurun.

Selain itu, bermunculan klaster-klaster lain. Seperti klaster Pasar Tradisional PPI, Pasar Simo Gunung, Pasar Simo, PGS, Pasar Kapasan.Salah satu klaster yang pertama kali muncul dan akhirnya menyebar ke kabupaten dan kota yakni klaster pelatihan haji di Asrama Haji Sukolilo. Setelah itu hal yang mengejutkan yakni klaster Sampoerna. Ratusan karyawan rapid test setelah ada salah satunya meninggal karena COVID-19. Sementara puluhan karyawan diketahui positif dan menjalani isolasid rumah sakit dan hotel.

Namun warga rupanya tak takut dan cuek dengan sanksi yang diterapkan dalam PSBB ini. Berdalih tidak bisa makan saat PSBB, warga kucing-kucingan dengan tim satgas COVID-19 warga melakukan upaya agar bisa beraktivitas dalam PSBB. Pemerintah sendiri telah menurunkan bantuan sosial (Bansos) tunai terhadap warga. Namun jumlah tersebut belum mencukupi kebutuhan warga.

Tonton viideo 'Heboh Jadi 'Zona Hitam' Corona, #SurabayaWani Puncaki Trending Topic':

Selanjutnya
Halaman
1 2 3