Jatim Ingin Lirboyo Jadi Contoh Ponpes Tangguh Saat Pandemi Corona

Andhika Dwi - detikNews
Sabtu, 06 Jun 2020 22:22 WIB
Forkopimda Ngawi membuka posko Kampung Tangguh penanggulangan COVID-19. Kampung Tangguh yang didirikan Polres Ngawi juga menjamin ketersediaan lumbung pangan.
Forkopimda Jatim di Kediri/Foto: Andhika Dwi
Kediri -

Forkopimda Jatim mengunjungi Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Mereka ingin ponpes tersebut menjadi contoh ponpes tangguh di tengah pandemi Corona.

Forkopimda Jatim yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen M Fadil dan Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Widodo Iryansyah. Kunjungan ini untuk memastikan kesiapan protokol kesehatan, jelang bergulirnya kegiatan belajar di pesantren.

Saat ini, sebagian besar santri di ponpes tengah libur dan berada di kampung halaman. Gelombang kedatangan santri rencananya akan tiba di Lirboyo secara bertahap mulai 20 Juni mendatang, untuk mengikuti proses belajar mengajar.


Maka dari itu, Forkopimda Jatim memastikan kesiapan protokol kesehatan di pondok. Mengingat, saat ini tengah dalam pandemi COVID-19. Untuk membantu memutus penyebaran COVID-19 di pondok pesantren, Forkopimda Jatim memberikan bantuan. Yakni berupa ribuan alat kesehatan sesuai dengan SOP pencegahan COVID-19.

"Kami bertiga, Kapolda, Pangdam, sowan Lirboyo. Ingin Lirboyo menjadi prototype pesantren tangguh menghadapi COVID-19, pesantren sehat. Pakai masker, tempat cuci tangan diperbanyak, ada tanaman obat pondok pesantren dan menjadi contoh pesantren sehat di Jatim dan Indonesia," jelas Khofifah, Sabtu (6/6/2020).

Khofifah juga menambahkan terkait penerapan new normal khususnya di pesantren. Begitu juga dengan otoritas masing-masing pesantren dalam menerapkan pola hidup sehat.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2