Lab Tes Swab Pemkot Surabaya Bakal Bisa Terima 1.000 Sampel Per Hari

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 06 Jun 2020 10:52 WIB
Laboratorium swab Pemkot Surabaya tengah melakukan uji validasi. Nantinya, lab tersebut bisa menerima 1.000 sampel swab per Hari.
Laboratorium swab Pemkot Surabaya/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Laboratorium tes swab Pemkot Surabaya tengah melakukan uji validasi. Nantinya, lab tersebut bisa menerima 1.000 sampel swab per hari.

Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya, M Fikser menyampaikan, pemkot sudah bertemu dan berkoordinasi dengan Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Rosidi Roslan, terkait ruang lab yang dipinjam untuk tes swab. BBTKLPP menyanggupi untuk membantu Pemkot Surabaya.

"Saya sudah ketemu dengan Kepala BBPTLPP. Beliau mengatakan bahwa sehari bisa seribu sampel. Namun, karena ini masih baru, tidak bisa langsung segitu. Pelan-pelan lah ya sambil proses untuk mencapai itu," kata Fikser, Kamis (4/6/2020).


Sebelum laboratorium PCR ini digunakan, Fikser terlebih dahulu memastikan dengan melakukan uji validasi selama dua hari. Tujuannya untuk memastikan hasil dari pemeriksaan ini benar-benar valid.

"Jadi, prosesnya memang harus melewati uji validasi. Supaya benar-benar valid dan dapat dipertanggungjawabkan," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2