Crane Terjungkal di Malang Dikaitkan dengan Mistis Pohon, Ini Kata Camat

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 17:18 WIB
viral crane terjungkal
Crane yang terjungkal (Foto: Istimewa)
Malang -

Banyak yang menduga terjungkalnya crane saat mengangkat potongan pohon di Turen, Malang terkait mistis pohon. Apa kata pihak kecamatan Turen?

Camat Turen Trisulawanto tak berani memastikannya. Alasannya, itu bukanlah kapasitasnya.

"Jika dikaitkan dengan mistik bisa iya, bisa tidak tergantung yang mempercayai. Bukan kapasitas kami soal itu," ujar Trisulawanto saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (5/6/2020).

Trisulawanto memastikan bahwa tidak ada korban dalam insiden crane terjungkal karena mengangkut batang kayu di Jalan Sedayu, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, beberapa hari lalu.

"Lokasi penebangan memang benar terjadi di Jalan Sedayu, Turen. Tidak ada korban dalam insiden itu, baik luka-luka maupun sampai meninggal dunia," kata Trisulawanto.

Trisulawanto mengaku tak mengetahui secara persis peristiwa itu karena dirinya tak berada di lokasi saat insiden terjadi. Hanya saja, sesuai informasi yang diterima, crane terjungkir ketika proses pengangkutan batang kayu.

"Sesuai informasi yang kami terima, crane terjungkal saat mengangkat batang kayu. Apa penyebabnya ? Kami kurang paham. Informasinya pohon yang diangkut jenis Saman," akunya.

Menurut Trisulawanto, sejumlah prosedur sudah dilalui sebelum penebangan dilakukan. Termasuk koordinasi dari mulai tingkat kelurahan sampai dengan pihak terkait,serta melibatkan operator (crane) dalam proses penebangan.

"Kalau prosedur sudah, kelurahan sudah koordinasi dengan pihak terkait, baik surat maupun per telpon," tegas Trisulawanto.

Terjungkalnya crane tersebut viral di media sosial. Saat crane mengangkat potongan batang pohon, tiba-tiba saja crane itu tak kuat dan akhirnya terjungkal. Padahal batang kayu pohon tersebut tak berukuran besar.

Tonton juga video 'Kapal Tabrak Crane hingga Ambruk di Pelabuhan Semarang':

(iwd/iwd)