Menghilang Saat akan Swab, Sekeluarga ODP Pacitan Ditemukan di Rumah

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 16:53 WIB
Jubir Gugus Tugas COVID-19 Pacitan,  Rahmad Dwiyanto
Jubir COVID-19 Pacitan, Rahmad Dwiyanto (Foto: Purwoto Sumodiharjo/detikcom)
Pacitan -

Sekeluarga ODP asal Pacitan yang sempat menghilang akhirnya ditemukan di Slagi, Kelurahan Pacitan. Hanya saja jumlahnya berkurang satu orang. Dengan begitu, saat didatangi petugas hanya ada empat orang di rumah tersebut.

Keempat orang itu sedang diwawancarai petugas untuk kepentingan tracing. Sebab selama ini mereka diduga pernah pergi ke sejumlah tempat. Gugus tugas juga tengah mempersiapkan swab test untuk mereka.

"Kepala keluarga yang (berstatus) ASN langsung menjalani isolasi mandiri di wisma atlet. Sedangkan keluarganya diperbolehkan isolasi mandiri di rumah," kata Jubir Gugus Tugas COVID-19 Pacitan, Rahmad Dwiyanto, Jumat (5/6/2020).

Selain petugas kesehatan, lanjut Rahmad, gugus juga menerjunkan tim dari Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD). Tim akan memberikan pembinaan khususnya kepada kepala keluarga. Hal ini karena yang bersangkutan berstatus abdi negara.

"Utamanya saat ini pemerintah dan gugus sedang menghadapi bencana harusnya seorang ASN juga memberikan keteladanan, membantu pemerintah untuk mencegah COVID-19 ini. Bukan maah bertindak kontraproduktif," sesal Kepala Dinas Kominfo.

Rahmad kembali menegaskan upaya pro aktif yang dilakukan gugus tugas semata dilandasi alasan antisipasi. Yaitu untuk mencegah penularan virus Corona lebih luas lagi di Kota 1001 Gua. Karenanya semua pihak diimbau bekerjasama dengan petugas.

Dengan ditemukan empat orang oleh petugas berarti masih ada satu ODP lagi yang belum diketahui keberadaannya. hanya saja, Rahmad enggan berspekulasi terkait keberadaan santri Ponpes Temboro tersebut. Gugus tugas masih menggali informasi dari keluarga yang lebih dulu ditemukan.

"Ndak tahu di mana. Tergantung dari hasil wawancara (dengan keluarga) dan koordinasi pada hari ini," tambahnya.

Sebelumnya 5 warga Kecamatan Ngadirojo dikabarkan 'menghilang' saat hendak swab test. Kelimanya berstatus ODP setelah tiba dari Ponpes Temboro, Magetan. Gugus tugas pun sempat melakukan pencarian.

(fat/fat)