Bupati Sidoarjo Didakwa Terima Suap Rp 350 Juta dari Kontraktor

Amir Baihaqi - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 15:16 WIB
Bupati Sidoarjo nonaktif Saiful Illah didakwa menerima suap Rp 350 juta dari dua kontraktor. Suap itu diberikan untuk mengatur sejumlah proyek pembangunan infrastruktur.
Foto: Amir Baihaqi
Sidoarjo -

Bupati Sidoarjo Nonaktif Saiful Ilah didakwa menerima suap Rp 350 juta dari dua kontraktor. Suap itu diberikan untuk mengatur sejumlah proyek pembangunan infrastruktur.

Dakwaan itu disampaikan dalam sidang di Pengadilan Tipikor Surabaya yang dipimpin Hakim Ketua Cokorda. Dalam sidang tersebut, Saiful Ilah memakai baju putih lengan panjang.

"Terdakwa Saiful Ilah menerima uang sebesar Rp 350 juta dari Ibnu Gopur di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo karena telah membantu Ibnu Gopur (kontraktor) mendapatkan paket pekerjaan 2019," ujar Jaksa KPK Arief Suhermanto saat membacakan dakwaan di Ruang Candra Pengadilan Tipikor, Rabu (3/6/2020).


Arief menambahkan, usai menerima uang suap tersebut, terdakwa dan dua kontraktor yakni Ibnu Gopur dan Totok Sumedi kemudian ditangkap petugas KPK. Yakni pada 7 Januari lalu sekitar pukul 17.00 WIB di Pendopo Delta Wibawa, beserta uang suapnya.

"Tak lama kemudian, petugas KPK melakukan penangkapan terhadap Saiful Ilah, Ibnu Gopur dan Totok Sumedi serta mengamankan uang suap Rp 350 juta," terang jaksa.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2