Ketua DPRD Pasuruan Jelaskan soal Halal Bihalal yang Dikritik Netizen

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 00:15 WIB
Bupati-Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Panen Kritikan
Acara halal bihalal yang dikritik netizen/Foto: Tangkapan layar facebook
Pasuruan -

Acara yang dihadiri Bupati Pasuruan M Irsyad Yusuf, Ketua DPRD M Sudiono Fauzan bersama para petinggi PKB setempat menuai kritik dari netizen. Acara itu dinilai melanggar protokol kesehatan di tengah pandemi Corona.

Pemilik akun Facebook Mas Dion Channel yang mengunggah foto halal bihalal tersebut. Acara itu dilakukan di Kantor DPC PKB Kabupaten Pasuruan, Jalan Raya Kraton. Namun Ketua DPRD menegaskan, acara itu sesuai protokol kesehatan.

"Pertama soal social distancing. Pesertanya itu 15 orang, batasan social distancing kan 25, artinya nggak ada yang dilanggar. Yang kedua soal jarak, atau physical distancing. Di kantor PKB itu ada 5 ruang besar, nggak dipakai karena pesertanya cuma 15. Akhirnya dipakai lorong antar ruang rapat," kata Sudiono, Selasa (2/6/2020).


Pria yang juga Sekretaris PKB Kabupaten Pasuruan ini menjelaskan, tempat yang dipakai berukuran 2,5 × 9 meter. Sehingga masih longgar dipakai 15 orang.

"Pesertanya 15, yang tampak difoto itu 13. Jadi sangat sesuai protokol karena jaraknya 1 meter bahkan ada yang lebih 1 meter. Jarak antarkita berhadapan itu 2 meter," terangnya.