Belajar dari Youtube, Pria Lulusan SMP di Jember Berhasil Bikin Mobil Listrik

Yakub Mulyono - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 09:22 WIB
Pria Lulusan SMP di Jember Berhasil Bikin Mobil Listrik
Warga Jember Berhasil Bikin Mobil Listrik (Foto: Yakub Mulyono/detikcom)
Jember -

Seorang pria di Jember berhasil membuat mobil listrik. Pria lulusan SMP itu membuat mobil listrik berdasarkan video yang dilihat di YouTube.

"Jadi lihat internet dan YouTube itu, terus mencoba membuat. Alhamdulillah berhasil, dibantu teman-teman satu komunitas. Padahal kalau tingkat pendidikan, saya hanya lulusan SLTP (SMP)," kata pria bernama Sasmito saat dikonfirmasi, Selasa (2/6/2020).

Sasmito mengaku hobinya selama ini memang suka utak-atik alat listrik. Apalagi pekerjaannya sebagai tukang reparasi listrik. Akhirnya, muncullah ide membuat mobil listrik.

Menurut warga Dusun Kraton, Desa Wonoasri, Kecamatan Tempurejo ini, butuh waktu sekitar 4 tahun untuk menyelesaikan mobil listrik buatannya itu. Karena minim modal, Sasmito juga memanfaatkan benda-benda di sekitarnya.

Dengan dibantu rekan-rekannya komunitas hobi alat-alat kelistrikan, pria berusia 36 tahun ini akhirnya bisa menyelesaikan mobil listrik dengan bentuk mirip mobil jeep berukuran 1 x 2 meter. Sumber daya mobil berasal dari baterai lithium berdaya 40 ampere.

Berbeda dengan mobil pada umumnya, untuk roda mobil listrik ini menggunakan ban sepeda motor. Alasannya agar lebih mudah dan ringan dalam bergerak.

Tonton juga video 'Melihat Proses Perakitan Pesawat Buatan Montir Tak Tamat SD':

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2