Warga Surabaya Jalani Swab dan Rapid Test di Taman Mundu, Target 500 Orang

Faiq Azmi - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 11:22 WIB
Ratusan Orang Antre Dites Corona di Surabaya
Ratusan warga Surabaya tes swab dan rapid test (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Pemkot Surabaya dan Badan Intelejen Negara (BIN) kembali menggelar rapid test dan swab secara massal. Ratusan orang mengantre sejak pagi untuk mendapat fasilitas tes gratis untuk mendeteksi virus Corona.

Tes massal ini digelar di Taman Mundu, Jalan Juwet, Kecamatan Tambaksari. Pantauan detikcom, ratusan orang mengantre sejak pagi. Sementara puluhan tenaga kesehatan melayani rapid test juga swab. Mereka yang diswab merupakan warga yang reaktif.

Beruntung, tingginya antusiasme masyarakat yang ingin mengikuti tes massal telah diantisipasi petugas dengan menyediakan ribuan alat test. Dibantu petugas keamanan dari Kecamatan Tambaksari, warga diimbau untuk jaga jarak dan cuci tangan sebelum mendaftarkan dirinya ke petugas BIN.

BIN juga menyediakan mobil PCR (Polymerase Chain Reaction) yang tak jauh dengan tempat pelaksanaan rapid test tersebut.

Camat Tambaksari, Ridwan Mubarun mengatakan, aktivitas ini merupakan lanjutan dari para warga yang sudah mengikuti tes di sejumlah puskesmas di lingkungan sekitar Tambaksari.

"Jadi yang tracing itu adalah warga yang telah mengikuti rapid test dari puskesmas di kampung beberapa hari yang lalu. Mereka yang reaktif, hari ini diajak ikut tes massal. Sebelumnya mereka telah isolasi mandiri," ujarnya.

Simak video 'Mobil PCR yang Diminta Risma Sudah Beroperasi Lagi di Surabaya':

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2