Hentikan 'Perang Dingin' soal Mobil PCR, Gubernur Ucapkan HUT Kota Surabaya

Hilda Meilisa - detikNews
Minggu, 31 Mei 2020 15:16 WIB
pemprov jatim kirim karangan bungan hut surabaya 727
Foto: Istimewa
Surabaya -

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengucapkan selamat ulang tahun Kota Surabaya yang ke-727 tahun. Ucapan HUT Kota Surabaya ini diungkapkan Khofifah melalui postingan di akun instagramnya. Selain itu, Khofifah juga mengirim karangan bunga kepada Pemkot Surabaya.

"Selamat hari jadi ke-727 Kota Pahlawan-Surabaya. Tetaplah berjaya, berdiri tegar menghadapi ujuan dan tantangan zaman yang mendewasakan hingga nyawa berpisah dengan raga. Suroboyo Wani," tulis Khofifah dalam akun instagramnya @Khofifah.ip yang dilihat detikcom di Surabaya, Minggu (31/5/2020).

Menurut Pakar Komunikasi Universitas Airlangga, Suko Widodo, apa yang dilakukan Khofifah ini merupakan salah satu bentuk komunikasi yang baik. Terlebih di tengah kesalahpahaman masalah mobil PCR antara Pemkot Surabaya dan Pemprov Jatim beberapa hari lalu.

Suko menyebut komunikasi ini merupakan wujud etika Khofifah yang elok secara organisasi ataupun pribadi. "Itu wujud etika komunikasi yang bagus dari gubernur, jadi dalam suasana apapun tetap memberikan komunikasi. Jadi itu merupakan komunikasi yang bagus, saya kira itu elok, baik secara personal maupun organisasi," papar Suko.

"Menurut saya tindakan yang dilakukan Bu Khofifah bagus sekali. Dalam suasana apapun dia menerapkan kesantunan dalam pergaulan yang bagus," imbuhnya.

Terlebih, Suko menyebut di tengah pandemi COVID-19 ini, masyarakat tengah panik. Ketimbang dihadapkan dengan kesalahpahaman dua kepala daerah, masyarakat lebih ingin diarahkan cara menghadapi pandemi ini dengan baik.

"Dalam situasi ini masyarakat sudah panik, jangan malah diajak ke suasana yang emosional, harus diajak ke suasana rasional, menghadapi kenyataan, dan meneduhkan. Jadi komunikasi yang bagus yang informatif, yang rasional. Masyarakat tidak menyukai terlalu banyak hoaks apalagi drama dibawa ke ruang politik. Masyarakat butuh bimbingan," tandas Suko.

(hil/fat)