Kudapan Berbahan Ketela Ini Nikmat Disantap Kala Bosan Kue Lebaran

Erliana Riady - detikNews
Minggu, 31 Mei 2020 08:45 WIB
ragam Kudapan Berbahan Ketela
Kudapan saat bosan kue lebaran (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Blitar -

Work from home (WFH) masih berlanjut entah sampai kapan. Ini kesempatan untuk eksplore beragam makanan yang bisa anda bikin sendiri di rumah. Apalagi, yang sekarang merasa bosan dengan kue lebaran.

Dari bahan dasar ketela pohon, beragam kudapan tradisional bisa tercipta. Proses pembuatanya pun cukup sederhana, tidak membutuhkan peralatan memasak yang macam-macam. Hanya dengan cara memarut ketela pohon, kemudian dicampur bubuk agar-agar berwarna putih. Adonan kemudian ditambahkan gula dan garam secukupnya.

Lalu adonan dibagi menjadi tiga bagian. Kemudian diberi pewarna makanan, ada merah, hijau dan kuning sesuai selera. Adonan kemudian dimasukkan loyang dan dikukus selama 30 menit.

Nuramid, warga Kediri yang kost di Kecamatan Sukorejo mengaku tidak kesulitan membuat kudapan ini. Banyak waktunya terluang saat WFH, membuatnya tak bisa berdiam diri. Apalagi lajang ini punya hobi memasak makanan sendiri.

"Saya bikin tiga jenis adonan ini. Dua dikukus, satu digoreng. Yang dikukus tanpa isi namanya ongol-ongol. Yang saya isi pisang namanya slentingan. Terus yang digoreng namanya jemblem," urai Amid kepada detikcom, Minggu (31/5/2020).

30 Menit berlalu, loyang diangkat dari panci kukusan. Saat dingin, baru dipotong-potong berbentuk dadu. Kemudian diaduk di dalam parutan kelapa muda. Terakhir, siap plating dan taraa. ..

"Yang ongol-ongol saya susun di tusuk sate. Saya kasih nama keren Rainbow Cassava. Kalau slentingan nama kerennya Roll Cassava With Banana," terangnya sambil tertawa.

Sedangkan yang adonan digoreng, Amid membentuknya bulat-bulat. Tapi sebelumnya, bagian tengah adonan diisi gula merah. Setelah adonan berbentuk bulat, langsung digoreng sampai berwarna coklat muda. Kalau yang ini nama kerennya Sweet Cassava With Brown Sugar.

"Inilah hikmah WFH. Tapi usahakan bikin makanan sehat dan murah. Kalau begini kan tetap semangat kerja dari rumah. Sekaligus PSBB juga...pelebaran seluruh bagian badan," pungkasnya dengan tergelak.

(fat/fat)