RS Bhayangkara Polda Jatim Segera Dapat Alat Test PCR dari Mabes Polri

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 30 Mei 2020 13:19 WIB
RS Bhayangkara Polda Jatim Segera Dapat Alat Test PCR dari Mabes Polri
Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya -

Laboratorium untuk tes PCR bagi pasien COVID-19 di Jawa Timur akan bertambah. RS Bhayangkara Polda Jatim akan mendapat sumbangan alat tes PCR dari Mabes Polri.

Hal ini diungkapkan Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto saat mengecek instalasi yang ada di RS Bhayangkara Polda Jatim. Agus mengatakan pihaknya juga melihat perlengkapan apa saja yang dibutuhkan RS dalam penanganan COVID-19 di Jatim.

"Tentunya ini Pak Kapolri mengecek situasi perkembangan COVID-19 di Jatim. Kemudian memerintahkan kita untuk turun, mengirim perlengkapan termasuk menggali informasi kebutuhan apa yang bisa dibantu Mabes untuk membantu percepatan pandemi COVID-19 di Jatim," kata Agus saat meninjau RS Bhayangkara Polda Jatim di Jalan Ahmad Yani Surabaya, Sabtu (30/5/2020).

Agus menambahkan pihaknya sudah mengantongi apa saja yang diperlukan RS dalam menangani pasien COVID-19. Bantuan ini pun akan segera didatangkan dari Mabes Polri.

"Kapolda sudah menerangkan, tadi sudah koordinasi kebutuhan apa yang akan dibantu untuk tenaga medis yang dibutuhkan mudah-mudahan ini bisa membantu pak kapolda," imbuh Agus.

Di kesempatan yang sama, Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran menerangkan bantuan alat tes PCR ini berkapasitas 100 sampel per hari. Selain itu, Mabes Polri juga menyumbangkan 20 alat ventilator.

"Dalam waktu dekat juga RS Bhayangkara ini akan diberikan bantuan dari Mabes Polri satu buah PCR yang berkapasitas 100 per hari dan 20 ventilator. Kita berterima kasih ke Mabes Polri sudah diback up baik perlengkapan dan rencana nanti penguatan tenaga medis. Semua kita persiapkan dengan baik," papar Fadil.

Fadil berharap segala upaya baik dengan pembentukan kampung tangguh hingga penguatan fasilitas di RS bisa membantu penanganan COVID-19 di Jatim.

"Di lapangan, untuk pemberdayaan masyarakat kampung tangguh kita jalankan. Mudah-mudahan ini bisa memperkuat jajaran pemprov Jatim untuk menangani COVID-19," harap Fadil.

(hil/fat)