200 Petugas Medis dan Warga Tulungagung Tes Swab dari Mobil PCR Bantuan BNPB

Adhar Muttaqin - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 18:53 WIB
200 Petugas Medis dan Masyarakat Tulungagung Jalani Tes Swab
Mobil PCR mampir di Tulungagung untuk tes swab (Foto: Adhar Muttaqin/detikcom)
Tulungagung -

Ratusan petugas kesehatan dan masyarakat di Tulungagung menjalani pengambilan swab untuk pengujian polymerase chain reaction (PCR) melalui layanan mobil keliling yang disediakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Layanan Fastlab Mobile Combat COVID-19 tersebut dihadirkan langsung di Desa Sobontoro, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung. Tes swab ini diikuti sekitar 200 orang dari petugas medis dan masyarakat Tulungagung.

"Kebetulan BNPB itu punya dua unit mobile combat yang ada di Jawa Timur, kemarin Pak Sekdaprov memberikan jatah kepada Tulungagung sekitar 200 sample. Kemudian kami memilih orang-orang yang perlu dilakukan swab," kata Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr Iskak, dr Kasil Rohmat, Jumat (29/5/2020).

Pihaknya mengaku memilih para petugas medis dari dinas kesehatan, puskesmas hingga rumah sakit daerah, lantaran mereka yang selama ini berkaitan erat dengan penanganan COVID-19 di wilayah Tulungagung. Sedangkan masyarakat umum yang menjalani swab rata-rata merupakan pasien karantina yang positif COVID-19 maupun orang yang sebelumnya dinyatakan reaktif rapid test.

"Ada yang dari tempat karantina rusunawa, rumah sakit maupun puskemas. Karena jatahnya hanya 200 maka kami ambil yang prioritas dulu," ujarnya.

Menurutnya, proses pemeriksaan sample swab melakui PCR secara mobile ini membutuhkan waktu yang relatif singkat. Satu sample swab rata-rata membutuhkan waktu penelitian sekitar 45 menit.

Selanjutnya
Halaman
1 2