BMKG Sebut Hujan Deras hingga Angin Kencang Landa Sejumlah Wilayah Jatim

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 10:01 WIB
banjir di surabaya
Ilustrasi hujan (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Hujan deras disertai petir dan angin kencang sesaat diperkirakan akan terjadi di sejumlah wilayah Jatim. BMKG Klas I Juanda menyebut hujan akan terjadi mulai pagi hingga sore hari.

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Teguh Tri Susanto memaparkan pada pagi hari diprakirakan hujan terjadi di wilayah Kabupaten Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang.

"Siang hingga Sore hari hujan terjadi di wilayah Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Jombang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Jember, Bondowoso dan Situbondo," papar Teguh kepada detikcom saat di Surabaya, Jumat (29/5/2020).

Teguh menambahkan cuaca di Jatim di pagi hari cenderung cerah. Hanya ada beberapa wilayah yang diguyur hujan.

Data di pagi hari, jumlah kecamatan yang diprakirakan cerah 72,8%, berawan 17,3%, berkabut 4,9%, hujan lokal 3,7%, dan hujan lebat disertai petir 1,2%. Sedangkan di siang hingga sore, jumlah kecamatan yang diprakirakan cerah ada 61,3%, berawan 9,9%, Berkabut 0,6%, hujan lokal 20,1% dan hujan lebat disertai petir 8,1%.

"Di malam hari, jumlah kecamatan yang diprakirakan Cerah 44,3%, berawan 32,6%, Berkabut 13,1%, Hujan Lokal 9.6%, dan Hujan Lebat disertai Petir 0.4%," imbuh Teguh.

Sedangkan untuk wilayah Surabaya, Teguh menyebut cuaca di pagi hari cenderung cerah berawan. Namun untuk siang, cuaca di Surabaya diprediksi akan turun hujan sedang, dan menjelang sore cenderung kembali cerah.

Saat disinggung terkait sirkulasi Eddy yang kemarin sempat muncul dan berakibat hujan di sejumlah wilayah, Teguh menyebut masih menemui sirkulasi ini.

"Masih, malah bergerak dari barat ke timur, sekarang pas posisi di atas Jawa Timur atau laut Jawa," imbuh Teguh.

Sementara untuk suhu udara di Jatim berkisar antara 14-34 °c dan kelembapan udara di angka 60-100%. Sedangkan untuk angin yang berhembus dominan dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 05-30 km/jam.

(hil/fat)