Desa di Tuban Deklarasikan Kampung Tangguh Semeru di Tengah Pandemi COVID-19

Ainur Rofiq - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 16:59 WIB
Kampung Socorejo Deklarasi Jadi Kampung Tangguh
Foto: Ainur Rofiq
Tuban -

Sebuah desa di Tuban diresmikan jadi Kampung Tangguh Semeru. Lokasinya ada di Dusun Karangdowo, Desa Socorejo, Kecamatan Jenu. Selain di Desa Socororejo, 19 kampung tangguh lainnya di seluruh Kabupaten Tuban juga diresmikan.

"Semoga keberadaan Kampung Tangguh Semeru ini bisa berperan penting untuk ikut mencegah penyebaran COVID-19 serta membantu mengatasi dampak sosial yang timbul. Ke depannya Kampung Tangguh Semeru diharapkan mampu menyelesaikan berbagai bentuk permasalahan sosial yang timbul," kata Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono di lokasi, Kamis (28/5/2020).

Pihaknya juga mengajak masyarakat menghadapi situasi normal yang baru (new normal). "Dan keberadaan Kampung Tangguh Semeru ini juga bisa membantu agar masyarakat semakin disiplin menjalankan protokol kesehatan yang ada," tandasnya.

Sementara peresmian selain dihadiri kapolres, juga dihadiri Bupati H. Fathul Huda dan Dandim 0811 Letkol Inf Viliala Romadhon. Kapolres juga memberikan bantuan berupa Rompi Kampung Tangguh, Alat Pengaman Diri (APD) serta sembako berupa mie instan, telur dan minyak goreng.

"Saya sangat berharap ini tidak hanya seremonial, namun bisa berkelanjutan, bermanfaat dan diikuti desa-desa lainnya," jelas Bupati Fatkul kepada wartawan.

Acara peresmian Kampung Tangguh Semeru tersebut juga dilakukan simulasi pemulasaraan jenazah, peninjauan lumbung pangan dan pembuatan masker kain untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

(fat/fat)