Wagub Emil Sebut Kabupaten Trenggalek Bisa Terapkan New Normal

Adhar Muttaqin - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 09:20 WIB
Wagub Jatim Emil Dardak dan istri halal bihalal virtual
Foto: Tangkapan layar halal bihalal virtual
Trenggalek -

Wagub Jawa Timur Emil Dardak menilai Trenggalek bisa mulai mempersiapkan diri untuk penerapan new normal di tengah pandemi COVID-19. Emil Dardak mengikuti halal bihalal virtual degan Ikatan Keluarga Asli Trenggalek (IKAT) mengatakan, dilihat dari perkembangan kasus paparan Corona, Trenggalek masih relatif kecil dibanding daerah-daerah lain.

Yakni jumlah kasus terkonfirmasi positif hanya 7 orang, bahkan sebagian di antaranya telah dinyatakan sembuh.

"Kalau Surabaya durung wayahe (belum waktunya) bicara masalah new normal, tapi Trenggalek boleh, sudah bisa bicara new normal," kata Emil Elestianto Dardak, Rabu (28/5/2020) malam.

Dia menjelaskan penerapan new normal itu bisa mulai dipersiapkan pada sektor pariwisata. Dengan melakukan pembatasan kuota pengunjung yang masuk. Serta penerapan protokol kesehatan.

Menurutnya pada kondisi pandemi saat ini banyak masyarakat yang mulai jengah dan ingin keluar rumah untuk berekreasi ke tempat wisata.

Selain itu new normal juga penting diterapkan pada sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Dengan melakukan adaptasi terhadap COVID-19, diharapkan kondisi perekonomian masyarakat bisa berangsur-angsur pulih seperti sediakala.

"Misalnya yang punya restoran/rumah makan tertib, dia pakai (pembatas) meja mika, kemudian dia sanitasinya baik, dapurnya bersih kalau perlu pakai hand scoon, pakai tutup kepala dan sebagainya. Ini akan kemudian lebih diminati," ujar Emil.

Kata dia, pada kehidupan new normal, siapa saja yang mampu beradaptasi dengan baik terhadap COVID-19, maka akan menambah daya saing dan kepercayaan tersendiri di masyarakat.