Seorang Anggota DPR Bakar Semangat UMKM Pasuruan Sambut New Normal

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 15:33 WIB
Anggota DPR RI Mufti Anam blusukan mengunjungi sejumlah UMKM di Pasuruan. Ia memotivasi UMKM agar optimistis menyambut new normal di tengah pandemi Corona.
Anggota DPR RI Mufti Anam blusukan mengunjungi sejumlah UMKM di Pasuruan/Foto: Istimewa
Pasuruan -

Anggota DPR RI Mufti Anam blusukan mengunjungi sejumlah UMKM di Pasuruan. Ia memotivasi UMKM agar optimistis menyambut new normal di tengah pandemi Corona.

Mufti juga mendonasikan hand sanitizer dan sarung tangan, sebagai salah satu persiapan bagi UMKM dalam menyambut new normal.

"New normal ini kan bahasa elite, saya coba bumikan dengan menerangkan ke teman-teman UMKM, bahwa kita tidak boleh menyerah melawan COVID-19. Tapi juga kemudian tidak boleh pasrah, tidak produktif. Kita harus produktif sekaligus aman dari COVID-19," jelas Mufti, Rabu (27/5/2020).

Ia menambahkan, dalam sehari dirinya mengunjungi lima UMKM. Mulai dari warung, penjual keliling, hingga usaha rumahan. Aktivitas blusukan UMKM itu telah dia lakoni dalam dua hari terakhir.


"Saya tidak ingin teman-teman UMKM putus semangat. Saya tahu susahnya merintis usaha dari nol, maka saya ikut berbagi semangat," ujar Mufti yang juga ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur.

Mufti menceritakan pengalamannya ketika mengunjungi penjual mi dan ayam geprek bernama Mamat. Selama pandemi, penjualan Mamat terjun bebas, bahkan akhirnya dia memutuskan untuk berhenti berjualan sementara. Mamat beralih berjualan minuman dingin jelang buka puasa di pertigaan jalan tak jauh dari rumahnya.

Setelah dipaparkan apa itu new normal, menurut Mufti, UMKM itu kembali bersemangat. Mufti memaparkan pentingnya membangun kepercayaan konsumen tentang higienitas jualan.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2