Klaster Nangkaan COVID-19 Disulap Jadi Kampung Tangguh di Bondowoso

Chuk S. Widarsha - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 09:33 WIB
Klaster COVID-19 Nangkaan Disulap Jadi Kampung Tangguh Cegah Penyebaran
Foto: Chuk S. Widarsha
Bondowoso -

Sebuah kelurahan di Bondowoso disulap menjadi Kampung Tangguh. Kelurahan ini sebelumnya merupakan asal muasal persebaran COVID-19 hingga disebut Klaster Nangkaan.

Kampung Tangguh itu dibuat di Kelurahan Nangkaan, Bondowoso. Tujuannya, untuk pencegahan penyebaran COVID-19 hingga ke tingkat paling bawah.

"Di kampung ini, setiap warga dari luar akan menjalani protokol pemeriksaan secara ketat," jelas salah satu pelaksana Gugus Tugas COVID-19 Bondowoso, AKBP Erick Frendriz, kepada detikcom di lokasi, Rabu (27/5/2020).

Menurut Kapolres Bondowoso, jelas dia, di sejumlah titik pintu masuk menuju kelurahan tersebut telah dipasang portal dan pos-pos penyekatan. Warga dari luar harus mengikuti tata tertib untuk masuk ke kawasan tersebut.

"Di kawasan itu juga disiapkan ruangan untuk karantina, yakni sebuah sekolah dasar. Ada beberapa ruangan, lengkap dengan toiletnya serta beberapa sarana lainnya," jelas Erick Frendriz.

Tak hanya itu. Di kampung tangguh itu juga disiapkan lumbung pangan untuk warga sekitar. Bahan-bahan yang disiapkan di lumbung pangan tersebut dikumpulkan dari warga sekitar secara swadaya.

Kampung Tangguh yang berfungsi untuk pencegahan penyebaran COVID-19 terletak di Kelurahan Nangkaan, Bondowoso.

Untuk diketahui, Kelurahan Nangkaan merupakan asal muasal klaster Nangkaan. Di klaster ini ada 5 pasien positif COVID-19. Yakni istri, anak, cucu, menantu, salah seorang kepala dinas di Pemkab Bondowoso.

(fat/fat)