Dua Warganya Sembuh Corona, Desa Kembang di Pacitan Jadi Kampung Tangguh

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 23:20 WIB
kampung tangguh pacitan
Kampung tangguh di Pacitan (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Pacitan -

Dusun Krajan, Desa Kembang, Kecamatan Kota Pacitan ditetapkan sebagai Kampung Tangguh. Dua dari lima orang pasien positif COVID-19 dari desa itu dinyatakan sembuh. Hal tersebut diharapkan menyemangati semua pihak untuk terus bersatu padu mencegah penularan virus Corona.

"Diharapkan dengan adanya Kampung tangguh ini masyarakat Desa Kembang selalu menjaga pola hidup sehat dan bersih, cuci tangan pakai sabun dan wajib pakai masker apabila keluar dari rumah," kata Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto di sela kegiatan, Selasa (26/5/2020).

Pada kesempatan itu kapolres juga menyampaikan apresiasi atas peran serta masyarakat untuk menghalau penyebaran COVID-19. Hal tersebut tampak dari sikap disiplin warga tidak keluar rumah. Selain itu, desa yang berada di bibir sungai Grindulu itu juga memberlakukan karantina wilayah sejak beberapa waktu lalu.

"Terimakasih kepada masyarakat Kembang yang telah berpartisipasi atas pembentukan Kampung Tangguh ini, pemerintah daerah, Kodim 0801 yang selalu bersama kita, juga para relawan. Tanpa ada peran kita bersama berat rasanya menanggulangi COVID-19," katanya.

Mengakhiri launching, kapolres dan rombongan meninjau tempat isolasi mandiri, sekaligus mengecek peralatan pencegahan penyebaran virus Corona. Peninjauan dilanjutkan ke Posko Terpadu Kampung Tangguh, Dapur Umum Terpadu, dan Lumbung Pangan.

Hadir dalam peluncuran Letkol Inf. Nuri Wahyudi Dandim 0801/Pacitan, Heru Wiwoho SP Sekda Pacitan serta unsur lain dari pemkab. Seperti Plt Dinkes, Kepala Dinas Sosial, Kepala Pelaksana BPBD, serta puluhan relawan dari sejumlah organisasi yang bernaung di bawah BPBD.

(iwd/iwd)