Alhamdulillah, 17 Pasien COVID-19 Probolinggo Sembuh Bareng di Hari Lebaran

M Rofiq - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 15:32 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Probolinggo -

Alhamdulillah, 17 pasien COVID-19 di Kabupaten Probolinggo dinyatakan sembuh total di hari lebaran kemarin. Para pasien ini dinyatakan sembuh setelah dua kali menjalani tes swab.

17 pasien yang sudah sembuh ini berasal dari 6 kecamatan yakni Kecamatan Dringu, Kecamatan Kraksaan, Kecamatan Krucil, Kecamatan Banyuanyar, Kecamatan Pajarakan, dan Kecamatan Pakuniran. Para pasien sembuh ini berasal dari klaster lepas, klaster perjalanan dari wilayah Jatim, klaster Bali, klaster pelatihan haji, dan klaster Ponpes Temboro Magetan.

Mereka dipulangkan secara bertahap sejak hari Sabtu (23/5). Dan ada sebagian dipulangkan hari ini. Meski dipulangkan, namun mereka tetap harus menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Dengan sembuhnya 17 pasien ini berarti ada 33 pasien COVID-19 yang sudah sembuh di Probolinggo.

Hingga hari ini pasien COVID-19 yang masih dirawat di rumah pengawasan dan rumah sakit di Kabupaten Probolinggo masih ada 42 pasien. Dan 2 pasien positif COVID-19 meninggal.

Jubir Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr Anang Budi Yoelijanto berpesan ke pasien COVID-19 yang sudah sembuh saat di rumah agar tetap menjaga kesehatan sesuai protokol kesehatan. Selalu gunakan masker, rajin cuci tangan, tetap jaga jarak, dan hindari kontak langsung dengan orang lain.

"Meski dinyatakan sembuh, 17 pasien COVID-19, tetap jaga kesehatan sesuai protokol kesehatan dan wajib melakukan karantina 14 hari di rumah, tetap jaga jarak dengan orang lain dan pakai masker serta rajin cuci tangan. Nantinya 7 hari ke depan kami akan melakukan tes swab evaluasi," ujar Anang saat merilis data terkini perkembangan COVID-19, Senin (25/5/2020).

Anang mengatakan bahwa mereka masih rentan dan mempunyai potensi tertular hal yang baru apabila tidak melakukan protokol kesehatan.

Data terkini COVID-19 di Kabupaten Probolinggo, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 465 orang, 124 orang masih di pantau, 336 orang sudah dipantau dan 5 orang ODP meninggal dunia.

56 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 3 PDP masih diawasi, 35 selesai diawasi dan 18 pasien PDP meninggal dunia. Untuk pasien positif ada 77 orang, di antaranya 33 pasien COVID 19 dinyatakan sembuh. 42 pasien positif masih dirawat dan 2 pasien COVID-19 meninggal dunia.

(iwd/iwd)