Malam Takbiran, Pasar di Surabaya Ramai Pembeli yang Abai dan Tak Bermasker

Faiq Azmi - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 22:14 WIB
Suasana surabaya di malam ramadan saat psbb
Pasar di Surabaya dijubeli pembeli tanpa bermasker (Foto: Faiq Azmi/detikcom)
Surabaya -

Suasana malam takbiran Lebaran 2020 saat PSBB jilid 2 diwarnai keramaian di salah satu pasar Surabaya. Banyak pembeli yang tidak memakai masker dan tidak melakukan physical distancing.

Pantauan detikcom di Pasar Rukun, Simomulyo, pengunjung pasar memadati lokasi sejak buka puasa pukul 18.30 WIB-20.45 WIB. Mereka berdesak-desakan untuk memasuki toko yang berjualan pakaian.

Jalanan pasar yang sempit juga menyebabkan banyak kendaraan yang diparkir di pinggir jalan. Akibatnya, terjadi kemacetan kendaraan yang akan melewati Jalan Simomulyo, Surabaya.

Sayangnya, di antara keramaian pengunjung pasar tidak ada petugas yang menertibkan pengunjung. Padahal, Surabaya saat ini masih menerapkan PSBB. Banyak pengunjung yang acuh dan abai tidak menghiraukan protokol COVID-19. Di antara pengunjung bebas memegang dan mencoba pakaian para penjual di pasar.

Salah satu pengunjung pasar bernama Darwati mengaku ingin membeli baju Lebaran 2020 untuk anaknya. Meski takut Corona, dirinya tetap membelikan baju untuk anaknya.

"Gimana lagi, besok Lebaran. Anak saya nangis kalau tidak dibelikan baju sama mainan baru. Insyaallah lah, kalau saya kan pakai masker, insyaallah aman," katanya saat ditemui detikcom di Pasar Rukun, Sabtu (23/5/2020).

Salah satu pengunjung lain, Sofian mengatakan membeli baju muslim baru untuk salat Idul Fitri besok. "Buat besok hari raya. Kebetulan aja baju muslim sudah tidak muat," ujarnya.

(fat/fat)