Habib Umar Assegaf Maafkan Satpol PP yang Nyaris Adu Pukul Dengannya

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 20:50 WIB
Habib Umar Assegaf sempat nyaris adu pukul dengan petugas Satpol PP. Setelah dimediasi oleh polisi, habib itu dikabarkan telah memaafkan petugas tersebut.
Habib Umar Assegaf (bergamis putih)/Foto: Istimewa

Saat disinggung, apakah habib yang melanggar aturan dan sempat melawan petugas tidak ditindak? Truno menegaskan pihaknya telah melakukan penindakan secara persuasif. Misalnya dari teguran lisan hingga melarang yang bersangkutan memasuki wilayah Surabaya dengan memutarbalikkan kendaraannya.

"Sudah dilakukan penindakan secara persuasif. Ya baik teguran lisan maupun kembali arah kendaraannya saat kejadian," lanjut Truno.

Sebelumnya diberitakan, video Habib Umar memarahi hingga mendorong petugas PSBB Surabaya viral di media sosial. Peristiwa itu terjadi pada Rabu (20/5) sore.


Peristiwa itu terjadi di pos check point exit Tol Satelit, Surabaya. Awalnya petugas PSBB menghentikan kendaraan Toyota Camry dengan Nopol N 1 B dari arah Malang yang akan masuk Kota Surabaya.

Namun karena sang sopir tidak mengenakan masker, dan jumlah penumpang mobil melebihi kapasitas, kendaraan tersebut diminta putar balik. Sang habib lalu turun dari mobil dan memarahi hingga mendorong petugas. Puncaknya, Pengasuh Majelis Roudhotus Salaf, Bangil, Pasuruan itu nyaris adu pukul dengan petugas Satpol PP.

Halaman

(sun/bdh)