Jelang Lebaran, Kabupaten Malang Digelontor Ribuan Ton Gula

Muhammad Aminudin - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 16:55 WIB
Jelang Lebaran, Kabupaten Malang Diguyur Ribuan Ton Gula
Foto: Muhammad Aminudin
Malang -

Pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan menggelontor ribuan ton gula untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Malang. Hampir 1.100 ton gula didistribusikan ke sejumlah pasar untuk dijual langsung ke konsumen sesuai harga eceran tertinggi (HET).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang Agung Purwanto mengaku, kebutuhan gula di Kabupaten Malang sebesar 3 ribu ton setiap bulannya. Sementara, stok gula yang dimiliki hanya sebanyak 1.000 ton, itupun merupakan stok lama.

Upaya menutup kebutuhan gula di Kabupaten Malang telah direspon oleh Kementerian Perdagangan dengan menggelontorkan gula sebanyak 1.168 ton untuk didistribusikan ke konsumen secara langsung sesuai harga eceran tertinggi (HET) gula saat ini yaitu Rp 12.500/kg.

Agung menyebut, 1.168 gula yang disebar ke sejumlah pasar di Kabupaten Malang berasal dari sitaan Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) dari distributor nakal.

"Kemendag sudah merespon untuk memenuhi kebutuhan gula di Kabupaten Malang. Dengan menjual gula hasil sitaan Dirjen PKTN dari distributor nakal kepada konsumen sesuai HET sebesar Rp 12.500/kg," ungkap Agung kepada wartawan, Jumat (22/5/2020).

Ribuan ton gula yang disita dari PT Pasifik Arta Persada oleh Dirjen PKTN itu disebar ke 34 pasar tradisional di Kabupaten Malang untuk dijual kepada para pedagang sembako dengan harga Rp 11.700/kg.

"Dan pedagang harus menjual kembali gula langsung kepada konsumen seharga Rp 12.500/kg, sesuai HET gula saat ini," beber Agung.

Operasi pasar untuk menekan harga gula di pasaran digelar mulai hari ini. Karena harga jual gula pada beberapa pasar di wilayah Kabupaten Malang masih di atas HET.

Seperti yang terjadi di Pasar Kepanjen, Kabupaten Malang, pedagang terpaksa menjual gula mulai dari Rp 16 ribu sampai Rp 18 ribu/kg. Karena pedagang mendapat gula dari distributor seharga Rp 15 ribu/kg.

(fat/fat)