Masjid se-Kota Probolinggo Kompak akan Gelar Salat Id

M Rofiq - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 11:51 WIB
Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zaenal Abidin
Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zaenal Abidin (Foto: M Rofiq/detikcom)
Probolinggo -

Masjid dan musala se Kota Probolinggo diperbolehkan melakukan Salat Id. Ini sesuai hasil rapat para takmir masjid se-Kota Probolinggo instruksi wali kota. Namun, para jemaah harus mengikuti anjuran protokol kesehatan dan membawa sajadah masing-masing. Ini mengantisipasi kontak langsung antar jemaah.

Selain itu sebelum Salat Id atau malam takbiran melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan masjid maupun mushala. Para jemaah juga diimbau membawa masker dan jangan berjabatan tangan, hanya memberikan salam hormat sesama jemaah saat bermaaf-maafan.

Paeni, Takmir Masjid Agung Roudlatul Jannah Kota Probolinggo membenarkan menggelar salat Id asal mengedepankan protokol kesehatan dan mengantisipasi kontak langsung.

"Hasil rapat dengan para takmir masjid se-Kota Probolinggo, kita sepakat menggelar salat Id, asalkan kita patuhi protokol kesehatan," ujar Paeni saat dihubungi, Kamis (21/5/2020) malam.

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zaenal Abidin membenarkan mengintruksikan semua masjid dan mushala menggelar salat Id.

"Untuk orang lanjut usia lebih baik salat Id di rumah saja, untuk menjaga dan mengatisipasi penyebaran VIrus COVID 19 di Kota Probolinggo," tegasnya.

Pihaknya juga akan melakukan doa bersama untuk pagebluk atau wabah virus Corona segera selesai dan warga bisa kembali beraktivitas seperti sediakala.

(fat/fat)