Cukup Ramai di Weekend, Mal Surabaya Sepi di Weekdays

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 21:52 WIB
tunjungan plaza
Suasana Tunjungan Plaza yang sepi (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya -

Penjualan di pusat perbelanjaan dan mal di Surabaya masih terlihat lesu. Meski saat ini Ramadhan sudah memasuki hari ke-25.

Dari pantuan detikcom, di Tunjungan Plaza (TP) para pengunjung yang masuk harus mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Pengunjung yang masuk harus cuci tangan dan menjaga jarak.

Setelah itu, mereka harus melewati bilik sterilisasi yang sudah disediakan. Saat masuk, pengunjung juga harus melewati monitor pengecekan suhu yang telah disediakan oleh pengelola.

Namun, saat masuk ke mal, suasana mal tidak seperti biasanya jelang lebaran tahun lalu yang ramai oleh pengunjung. Suasana dan kondisi di TP terbilang sangat sepi.

Saat ini tak banyak pengunjung yang datang meski tenan yang ada masih banyak yang buka. Semua tenan juga terlihat mematuhi protokol kesehatan, mulai menyediakan hand sanitizer hingga menggunakan satu jalur keluar masuk.

Salah satu pengunjung, Mufid (22) asal Bandung, mengaku datang ke TP untuk kebutuhan lebaran. Hasil belanjanya rencananya akan dikirim ke keluarganya yang ada di Bandung.

"Ini beli sarung, baju kemeja dan baju koko. Kan saya nggak bisa pulang. Ini nanti dikirim ke Bandung," kata Mufid kepada detikcom, Senin (18/5/2020).

Mufid mengatakan dirinya sadar dan tahu saat ini dia ada di tengah pandemi corona dan penerapan PSBB di Surabaya. Karena itu ia mengaku tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Intinya kita tetap pakai masker dan bawa hand sanitizer. Saat belanja juga menjaga jarak aman," kata pemuda yang bekerja di perusahaan telekomunikasi tersebut.

Hal yang sama disampaikan oleh Kiki, warga Surabaya. Kiki sengaja datang ke TP untuk berbelanja. Namun saat belanja dirinya tetap mengikuti menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Iya belanja, tadi anak-anak minta ke sini. Kami juga pakai masker dan bawa hand sanitaizer," ungkap Kiki.

Namun kondisi di TP agak sedikit ramai pada weekend kemarin. Salah satu pramuniaga department store di TP mengatakan bahwa cukup banyak pengunjung pada weekend kemarin meski tak sampai membludak.

"Banyak yang cari baju, sandal, sepatu. Cukup ramai kemarin jika dibanding hari ini. Tapi ya tak sampai membludak," kata pramuniaga tersebut.

(iwd/iwd)