Pasien Umum Tak Perlu Khawatir, RS Unair dan RSKI Akan Diberi Pembatas

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 15 Mei 2020 20:29 WIB
RS Unair
Pembatas sementara antara RS Unair dengan RSKI (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

Sejak ditunjuk menjadi salah satu RS rujukan Corona, RS Unair Surabaya banyak didatangi pasien Corona baik dari Surabaya maupun luar Surabaya. Tak hanya pemeriksaan dan perawatan, tetapi lab PCR juga menjadi jujugan untuk mengetahui pasien positif Corona atau negatif.

Namun, semakim banyaknya pasien Corona yang datang. Pasien umum lainnya pun merasa khawatir dan was-was akan tertular.

Kini, pasien umum yang hendak periksa atau berobat ke RS Unair tak perlu khawatir. Sebab telah ada pembatasan area yang jelas untuk gedung yang dipakai untuk perawatan pasien Corona dengan pasien umum lainnya.

Bahkan, kini pihak Unair tengah membuat pembatas antara gedung RS Unair dengan Gedung Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Unair untuk lebih meyakinkan pasien umum.

"Sekarang RS Unair dibangun pagar pemisah RS Unair dan RSKI. Jadi ke depan nanti akan ada pemisahan pasien COVID-19 dengan non COVID-19," jelas Jubir Tim Satgas corona dr Alfian Nur Rasyid SpP saat dihubungi detikcom, Jumat (15/52020).

Alfian mengatakan langkah ini diambil menanggapi keresahan dan stigma masyarakat. Karena menganggap RS Unair banyak merawat pasien COVID-19.

"Kan orang was-was ke RS unair dengan stigma pasiennya COVID-19 semua. Padahal tidak seperti itu, karena tempat perawatannya berbeda," ujarnya.

Menurutnya, RS Unair beruntung mempunyai dua gedung sebelah timur dan barat. Sehingga perawatan pasien COVID-19 dan non COVID bisa benar-benar dibedakan.

"Nantinya sebelah timur RSKI yang akan dikasih pagar pembatas," kata Alfian.

"Pintu masuknya berbeda dari parkir itu juga berbeda, punya pintu masuk dan keluar terpisah sendiri-sendiri," imbuhnya.

Tak hanya itu, ungkap Alfian, pintu masuk antara RS Unair dan gedung RSKI juga akan dibedakan. Dua gedung tersebut akan mempunyai pintu masuk dan keluar masing-masing alias terpisah.

"Nanti pintu masuknya di sebelah IGD untuk ke RSKI," tutupnya.

(iwd/iwd)