Tambah Bed Ekstra, RS Unair Kini Rawat 90 Pasien Corona

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 15 Mei 2020 12:54 WIB
rs unair
RS Unair (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

RS Unair Surabaya kini tengah mengalami overload pasien Corona. Pasalnya, jumlah pasien Corona semakin membludak. Bahkan angkanya melebihi kapasitas ruangan.

"Sekarang ada 85 lebih (pasien Corona) mendekati 90 pasien di RS Unair," kata Jubir Tim Satgas corona dr Alfian Nur Rasyid SpP saat dihubungi detikcom, Jumat (15/5/2020).

Membludaknya pasien ini ada di IGD khusus Corona. Kapasitas bed hanya ada 12, kini justru terdapat 20 pasien.

"Di IGD hampir 20, mungkin bisa lebih. Kapasitasnya sebenarnya hanya 12 bed," ujarnya.

Untuk menyiasatinya dan pasien yang datang bisa terlayani semua, RS Unair menambah kapasitas bed ekstra. Hal itu agar semua pasien Corona yang memerlukan perawatan segera bisa tertampung.

"Tambah bed ekstra, tambahannya 8. Karena pasien yang datang kita ndak bisa nolak, harus dilayani dengan kapasitas di IGD over, sangat ramai," jelasnya.

Alfian mengatakan, pasien Corona di RS Unair didominasi status PDP dan di antaranya sedang menunggu hasil swab. Sementara pasien positif Corona ada sekitar 15 orang.

Sedangkan pasien Corona yang mengalami kritis sehingga perlu menggunakan alat bantu ventilator ada 8. Statusnya pun masih didominasi PDP.

"Pakai ventilator 8, PDP kebanyakan positif ada beberapa," katanya.

Sementara pasien positif yang dipulangkan sudah 5 orang. Salah satunya balita laki-laki berusia 11 bulan. Dan ruangan yang kosong bisa diisi oleh pasien Corona di IGD.

"Balita kemarin pulang. Kondisi sudah baik. Yang dipulangkan sudah ada 4 atau 5 pasien positif. Saya nggak hafal. Yang sudah pulang, pasien dari IGD dipindahkan ke ruangan. Jadi tukar," pungkasnya.

(fat/fat)