Warga Terdampak Corona Terbantu Dapur Umum di Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 21:26 WIB
polres lamongan
Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan -

Ada yang berbeda di halaman Polres Lamongan ketika akan memasuki waktu berbuka puasa. Sejumlah orang nampak sibuk mempersiapkan bumbu dan memasak.

Ya, sejak beberapa hari ini, halaman Polres Lamongan yang ada di Jalan Komberpol M Duryat Lamongan itu disulap menjadi dapur umum untuk melayani masyarakat Lamongan yang terdampak pandemi Corona. Anggota TNI dan Polri bersama-sama memasak di dapur umum tersebut.

"Dapur umum yang didirikan di halaman Mapolres Lamongan ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19," kata Kapolres Lamongan AKBP Harun yang juga ikut berbaur bersama anggota untuk memasak dan membungkus makanan itu, Kamis (14/5/2020).

Hasil masakan di dapur umum Polres Lamongan ini, menurut Harun, salah satunya adalah untuk mensuplai kebutuhan makanan di desa di Lamongan yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat lokal desa.
"Kita distribusikan makanan ini kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama ke desa-desa yang melaksanakan PSBB lokal," ujar Harun.

Selain itu, lanjut Harun, dapur umum ini juga menyuplai kebutuhan logistik bagi petugas yang bersiaga di Pos check point yang ada di seluruh Lamongan. Tiga Pos check point yang menerima masakan hasil dapur umum tersebut, yakni di Pos check Point Rowo Semando di Kecamatan Babat, Pos Check Point Terminal Lamongan dan pos check Point Stadion Kec. Deket. Untuk lauk, imbuh Harun, pihaknya memilih ikan hasil tangkapan nelayan dan juga ikan hasil tambak masyarakat Lamongan.

"Semua proses memasak ikan hasil tangkapan nelayan dan ikan tambak, nasi dan bahan lainnya hingga selesai memasak dan dilakukan pembungkusan semuanya dilakukan di Dapur Umum di halaman Mapolres," jelasnya.

Harun berharap dapur umum yang dibangun di Mapolres Lamongan itu mampu mengurangi beban ekonomi yang dirasakan warga. Dapur umum ini, tambah Harun, merupakan upaya kepolisian menghadirkan jaring pengaman sosial bagi masyarakat.

"Ini adalah salah satu upaya kami untuk ikut bahu-membahu membantu kesulitan masyarakat," pungkasnya.

(iwd/iwd)