PT Medco Benarkan 6 Pekerjanya Reaktif Diisolasi di Hotel Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 15:53 WIB
PT Medco Cahaya Geothermal Benarkan Adanya 6 Pekerja Lakukan Karantina di Banyuwangi
Foto: Istimewa
Banyuwangi -

PT Medco Cahaya Geothermal, pengembang proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ijen membenarkan 6 pekerjanya karantina mandiri di hotel Banyuwangi. Prosedur karantina mandiri tersebut dilaksanakan di bawah pengawasan Dinkes Banyuwangi.

GM PT Medco Cahaya Geothermal Wisnu Subroto mengatakan, PT Medco selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Pandemi COVID-19. Dalam menghadapi Pandemi COVID-19, perusahaan mengambil semua langkah dalam mencegah penyebaran virus.

"Kita sudah melakukan rapid test kepada pekerja dan kontraktornya. Memang benar bahwa saat ini enam pekerja kontraktor sedang menjalani proses karantina mandiri di Banyuwangi," ujarnya dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (14/5/2020).

Karantina tersebut sebagai bagian dari prosedur yang dilakukan setelah dua dari enam pekerja kontraktor dinyatakan reaktif berdasarkan rapid test pertama yang dilakukan saat mereka meninggalkan proyek menuju Banyuwangi.

Selanjutnya, kata Wisnu, para pekerja akan mengikuti rapid test kedua. Apabila hasilnya kembali reaktif, maka akan dilanjutkan dengan SWAB test untuk memastikan apakah positif atau negatif sesuai protokol COVID-19.

Selain itu PT Medco juga mewajibkan pekerja isolasi dan observasi mandiri selama 14 hari di rumah saat tidak bertugas; melakukan rapid test dua hari sebelum bertugas ke lokasi proyek; pekerja hanya diperbolehkan ke lokasi proyek setelah melewati observasi hasil rapid test yang non-reaktif dan dinyatakan sehat dan penerapan pembatasan aktivitas perjalanan dan interaksi sosial pekerja saat tugas dengan ketat.Sementara, dalam menjalankan operasi, perusahaan melakukan semua protokol yang diperlukan untuk memastikan keselamatan pekerja dan terus memantau kondisi setiap pekerja. Sebelum bertugas, setiap pekerja dan kontraktor mengikuti protokol, diantaranya melakukan pengecekan kesehatan yang ketat dan melakukan pemeriksaan suhu tubuh di setiap entry-point menuju aset perusahaan.

"Sebagai perusahaan yang bergerak di sektor energi, kami akan terus berkomitmen memenuhi kebutuhan energi masyarakat dalam rangka mendukung ketahanan energi nasional. Perusahaan juga telah menyesuaikan sistem dan pola kerja agar operasi dapat terus berjalan dengan aman dan selamat namun tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan pekerja serta keluarganya. Perusahaan akan terus menerapkan protokol pencegahan COVID- 19 yang telah ditetapkan Pemerintah kepada pekerja perusahaan dan kontraktor yang akan bertugas di periode selanjutnya," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 6 orang karyawan PT Medco Ijen Geotermal, Bondowoso, terpaksa harus dikarantina di sebuah hotel di Banyuwangi. Menyusul dengan adanya reaktif hasil rapid test saat mereka melintasi Check Point Banyuwangi Bondowoso yang berada di Dusun Jambu, Desa Tamansari, Kecamatan Licin.

Dari enam karyawan yang melintas tersebut, dua orang diduga reaktif COVID-19. Alhasil, 4 karyawan lain dari perusahaan gas alam tersebut harus menjalani isolasi mandiri di salah satu hotel di Banyuwangi.

(fat/fat)