Pakar Sarankan PSBB di Surabaya Raya Diperpanjang, Pemprov Jatim Setuju?

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 21:51 WIB
psbb surabaya raya
Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya -

Pakar menyarankan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik agar diperpanjang 14 hari ke depan. Apakah Pemporv Jatim menyetujui usulan ini?

Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono memaparkan kurva kenaikan jumlah pasien COVID-19. Misalnya di Gresik pada Kamis (7/5), kurvanya sudah menunjukkan posisi datar. Sedangkan di Sidoarjo, kurva pada Rahu (6/5) telah mendatar, namun sayang keesokan harinya kembali terjadi kenaikan kasus.

"Gresik pada 7 Mei sudah menunjukkan posisi datar. Sedangkan Sidoarjo sudah menunjukkan posisi datar pada 6 Mei. Tapi tanggal 7 Mei, dia mulai naik lagi," ungkap Heru di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (8/5/2020).

Lalu, bagaimana dengan kurva di Surabaya? Dari kurva yang terlihat, kurva kenaikan pasien positif Corona di Surabaya beberapa kali terlihat naik turun. Namun, lebih banyak terjadi kenaikan pasien secara drastis.

"Sedangkan Surabaya menunjukkan posisi seperti yang ditampilkan," imbuh Heru sambil menunjukkan kurvanya.

Untuk itu, Heru mengaku pihaknya belum bisa mengumumkan adanya perpanjangan PSBB atau tidak. Pihaknya perlu mengkaji hal ini lebih dalam. Termasuk melakukan observasi kenaikan kurva di beberapa hari terakhir PSBB.