Hari ke-10 PSBB Surabaya, Masih Banyak Motor yang Diputar Balik

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 07 Mei 2020 15:30 WIB
psbb surabaya
Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Hari ke-10 PSBB di Surabaya, masih banyak ditemukan kendaraan roda dua yang diputarbalik di check point bundaran waru. Rata-rata para pengedara masih tidak membawa surat keterangan kerja dan surat domisili dari RT setempat.

Dari pantaun detikcom, sedikitnya 50 kendaraan roda dua yang diminta putar balik oleh petugas gabungan dari Dishub, Polisi, Satpol PP serta tim reaksi cepat BPBD Jatim dan Tim kesehatan. Dari kendaraan yang diputar balik, didominasi oleh kendaraan roda dua yang berboncengan.

Bahkan petugas juga sempat menemukan pengendara motor yang memiliki suhu di atas 38 derajat celcius, di atas suhu tubuh standar yang ditentukan oleh petugas kesehatan di check point yakni 37,2 derajat celcius.

Ada 6 pengendara yang diminta oleh tim kesehatan untuk istrirahat. Mereka diminta istirahat selama 15 menit di pos kesehatan. Kemudian cek suhu kembali dengan thermal gun. Selanjutnya 5 menit kemudian di cek kembali. Namun jika selama dites dua kali suhu tubuh pengendara tidak turun, maka oleh petugas, para pengendara diminta untuk pulang istirahat.

Salah satu M (44) yang berangkat dengan suaminya dari Mojokerto ke Surabaya, saat dites suhu badannya 38 derajat. Setelah diminta istirahat selama 15 menit suhu tubuhnya 37, 5. Karena masih melebihi standar. Petugas memintanya untuk putar balik dan istirahat.

"Saya dan suami mau ke Surabaya belanja tadi. Tapi ini disuruh kembali untuk istirahat," kata M kepada detikcom, Kamis (7/5/2020).

Sementara itu, salah satu petugas reaksi cepat BPDD Jatim Mahmud mengaku sejak pagi, pihaknya bersama petugas gabungan sudah mengembalikan 70 kendaraan yang berboncengan tanpa tujuan yang jelas.

"Kalau dari pukul 06.00 WIB, pagi tadi sudah hampir 70 kendaraan yang diminta untuk putar balik," ungkap Mahmud.

Sementara pengendara yang memiliki suhu di atas 37, 2 derajat banyak ditemukan. Mereka diminta istirahat di pos kesehatan.

"Kalau pukul 09.00 WIB Sampai pukul 10 30 WIB ada enam pengendara. Tadi pagi juga ada. Kalau dicek masih tinggi diminta untuk kembali dan istirahat di rumah. Sedangkan yang normal boleh melanjutkan perjalanan," pungkas Mahmud.

Simak juga video Cegah Covid-19, Polewali Mandar Berlakukan Pembatasan Pelintas!:

(iwd/iwd)