165 Karyawan Sampoerna Tes Swab Mandiri, Hasilnya Belum Diketahui

Hilda Meilisa - detikNews
Kamis, 07 Mei 2020 12:27 WIB
Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Jatim dr Kohar Hari Santoso
Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Jatim dr Kohar Hari Santoso (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya -

Sebanyak 165 karyawan PT HM Sampoerna telah menjalani swab mandiri. Namun hingga kini, Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Jatim belum mengantongi hasilnya.

"Untuk yang 165 yang (tes swab) mandiri oleh Sampoerna sendiri dan pemerintah kota, saya koordinasi dengan Rumah Sakit," kata Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Jatim dr Kohar Hari Santoso di Surabaya, Kamis (7/5/2020).

Kohar menambahkan pihaknya cukup kesulitan mencari hasilnya satu persatu. Namun, hal ini tengah diupayakan.

"Dan kelihatannya ada yang positif dari jumlah 165. Sehingga saya tekankan tadi yang positif harus dicari di mana karena itu mungkin nanti ada pekerjaan baru lagi untuk kita. Saya kira itu," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Jatim dr Joni Wahyuadi menambahkan untuk pasien positif Corona yang tinggal di hotel kini telah dipindahkan. Sebelumnya, hotel tempat karyawan tersebut isolasi sempat menolak mengisolasi karyawan yang positif.

"Jadi klaster Sampoerna yang di hotel pertama sudah dipindah semua di hotel yang kedua. Yang di RS sudah dibawa pulang ke rumah, insyaallah dalam satu dua hari ini ada hasil," lanjut Joni.

Dari data yang dihimpun, hingga saat ini ada 65 pekerja di pabrik rokok PT HM Sampoerna Rungkut yang terkonfirmasi positif COVID-19. Dua di antaranya merupakan kasus pertama dan telah meninggal dunia.

Pemerintah Akui Penanganan Corona Terkendala Fasilitas PCR:

(hil/iwd)