RS Bhayangkara Polda Jatim Siapkan Lahan Parkir untuk Ruang Darurat COVID-19

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 05 Mei 2020 11:30 WIB
Ruang Darurat COVID-19 RS Bhayangkara Polda Jatim
Ruang Darurat COVID-19 RS Bhayangkara Polda Jatim (Foto: Istimewa)
Surabaya -

RS Bhayangkara Polda Jawa Timur tengah menyiapkan lahan parkiran mobil menjadi ruang darurat penanganan COVID-19. Hal ini merupakan kesiagaan melihat jumlah penderita Corona di Jatim yang meningkat.

Kabid Dokkes Polda Jatim Kombes Triawan Marsudi mengatakan, gedung yang disiapkan merupakan gedung baru yang seharusnya dipakai untuk parkir mobil. Namun, kini tengah dibangun untuk ruangan pasien COVID-19.

Triawan menyebut gedung itu dialihfungsikan dan disiapkan seandainya nanti pasien Corona mulai membeludak dan tidak tertampung di rumah sakit.

"Ini kan sebagai tindakan antisipasi saja. Kalau ya ternyata pasiennya banyak, maka kita sudah siap. Gedung ada, dan ruangannya sudah kita persiapkan. Di gedung itu, kira-kira ya, saya agak lupa, mampu menampung kurang dari 100 pasien," papar Triawan di Surabaya, Selasa (5/5/2020).

Triawan memaparkan di rumah sakit yang dipimpinnya ini memiliki ketersediaan 203 bed, 72 kamar, dan 11 ruang kamar isolasi. Namun, Triawan menyebut rumah sakitnya dapat menampung pasien COVID-19 yang tidak parah.

"Kita bisa melakukan perawatan terhadap pasien bergejala klinis corona. Tapi yang tidak bergejala berat ya," imbuhnya.

Hal ini dikarenakan RS Bhayangkara belum memiliki ruangan dengan alat ventilator khusus. Sehingga, jika ada pasien COVID-19 yang kondisinya cukup berat yang membutuhkan perawatan tambahan, akan dirujuk ke RS yang memiliki peralatan lebih lengkap.

"Kita tidak punya ventilator khusus untuk merawat pasien COVID-19. Kalau ventilator untuk perawatan yang lain ada, cuma kan tidak bisa dicampur pemakaiannya," lanjutnya.

Simak video Warga Daerah Terpencil Ini Berkurang Setengah Gegara Corona:

(hil/fat)