Impian Masyarakat Miliki RS Rujukan di Probolinggo akan Terwujud

M Rofiq - detikNews
Selasa, 05 Mei 2020 05:11 WIB
Peletakan Batu Pertama Rumah Sakit Rujukan Di Tapal Kuda
Foto: Istimewa
Probolinggo -

Impian masyarakat Kota Probolinggo memiliki rumah sakit berkapasitas besar dan peralatan medis lengkap, jadi kenyataan. Muspida bersama Ketua MUI Kota Probolinggo, melakukan peletakan batu pertama, pertanda pembangunan RS Rujukan di Tapal Kuda ini, akan segera dimulai, Senin (4/5/2020).

Proses pembangunan rumah sakit di Kelurahan Sumber Wetan, Kecamatan Kedupok ini, diawali dengan pembangunan jembatan masuk, dan nantinya jembatan keluar, agar bisa dilalui truk dan kendaraan membawa bahan bangunan.

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengatakan proses pembangunan rumah sakit rujukan seluas 3,7 hektar ini untuk kepentingan masyarakat se Tapal Kuda nantinya.

"Kami memohon doa restu ke semua elemen masyarakat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di Kota Probolinggo, agar proses pembangunan rumah sakit rujukan berjalan lancar, dan segera bisa difungsikab dengan baik bagi masyarakat setempat, dan masyarakat di Tapal Kuda," ujar Habib Hadi saat dikonfirmasi, Selasa (5/5/2020).

Pembangunan rumah sakit rujukan ini, jelas dia, sesuai Perpres 80/2019 No 80 tahun 2019. Yang mengatur tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gerbangkertosusilo (Gresik, Bangkalan, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan), Kawasan BTS (Bromo Tengger Semeru) dan Kawasa Selingkar Wilis Hingga Lintas Selatan. Segera memberi efek positih pembangunan dan ekonomi khususnya di Tapal Kuda.

Biaya pembangunan rumah sakit rujukan ini menelan Rp 30 miliar dari dana APBD tahun 2020, menggunakan APBD 2021 Rp 50 miliar dan APBD tahun 2022 senilai Rp 116 miliar.

Selain dana APBD, pembangunan rumah sakit ini akan disiapkan dana cadangan untuk APBD perubahan PAK tahun 2021 dan APBD perubahan sebanyak Rp 40 miliar.

(fat/fat)