Ini Kronologi Penularan COVID-19 Karyawan PT Sampoerna

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 02 Mei 2020 03:21 WIB
Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Jatim dr Joni Wahyuadi
Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya -

Klaster penularan COVID-19 di lingkup PT HM Sampoerna bertambah 34 karyawan yang positif. Awalnya, hanya ada 2 karyawan yang terkonfirmasi positif Corona dan telah meninggal dunia.

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Jatim dr Joni Wahyuadi memaparkan kronologi penularannya.

"Ini suatu klaster yang diawali dua orang yang sakit, dua orang yang sakit dimasukkan ke RS, ke poliklinik kemudian meninggal dibawa ke RS dilakukan tracing orang sekitarnya," kata Joni membuka ceritanya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (1/5/2020).

Lalu, dikumpulkan 165 orang yang dekat atau kontak dengan karyawan tersebut. 165 Karyawan itu langsung diambil swabnya untuk dilakukan PCR, namun hasilnya belum keluar.

Tak selesai di situ, Joni menyebut pihaknya kembali melakukan tracing dan melakukan rapid test pada 323 karyawan lainnya. Hasilnya, 100 karyawan tersebut reaktif atau dinyatakan positif rapid test

"Kemudian dilakukan tracing lebih lanjut lagi, 323 itu ditemukan sementara ada 100-an yang positif rapid test. Ini kejadiannya sampai lama baru tanggal 28, baru (pihak manajemen) melapor ke ibu gubernur. Jadi kami ditugaskan melakukan eksplorasi lebih detail menyangkut dengan treatmentnya," ungkap Joni.