RSKI Unair Dibantu CT Corp Lengkapi Mesin Cuci Darah Penderita COVID-19

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 02 Mei 2020 02:40 WIB
gubernur khofifah di rs unair
Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya -

Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Unair akan dilengkapi mesin hemodialisis untuk cuci darah. Mesin ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan cuci darah pasien khusus COVID-19.

Renovasi RSKI Unair untuk dimanfaatkan sebagai RS khusus COVID-19 ini mendapat bantuan dari CT Corp dan Bank Mega.

Salah satu relawan dari CT Corp, Prof Dr Ir Mohammad Nuh mengatakan ada sejumlah pasien COVID-19 yang memerlukan layanan cuci darah. Karena pasien tersebut memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

"Di sana dilengkapi mesin HD hemodialisis untuk cuci darah. Karena juga ada kasus orang yang kena COVID-19, itu juga harus cuci darah," ungkap Nuh kepada detikcom di RSKI Unair Surabaya, Sabtu (2/5/2020).

Nuh menambahkan problematika yang terjadi, pasien tidak bisa melakukan cuci darah di tempat biasanya dan bercampur dengan pasien lain.

"Cuci darahnya kalau di ruang biasa, pasien lain bisa lari. Untuk itu disiapkan di sini ada 2 unit plus ada 51 unit HCUnya," imbuh Nuh.

Untuk itu, Nuh berharap mesin hemodialisis ini bisa membantu pasien Corona. Selain itu, pihaknya berharap progress renovasi RSKI ini bisa segera selesai.

"Mudah-mudahan progressnya minggu depan lantai 6 dan minggu depannya lagi lantai 7 selesai. Lantai 6 kita ingin merenovasi lantai operasi yang bisa untuk melayani COVID-19 juga. Dari situ kita harapkan total itu dapat sekitar 200-an bed yang sudah memenuhi persyaratan misalnya bertekanan negatif," harap Nuh.

(hil/fat)