PSBB Hari Kedua, Jumlah Kendaraan Keluar Masuk Surabaya Menurun

PSBB Hari Kedua, Jumlah Kendaraan Keluar Masuk Surabaya Menurun

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 29 Apr 2020 21:18 WIB
Khofifah di gedung negara grahadi
Gubernur Khofifah (Foto: Istimewa)
Surabaya - Jumlah kendaraan yang keluar dan masuk Surabaya selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mengalami penurunan. Kendaraan roda dua misalnya, persentase penurunannya mencapai 12,96%

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menambahkan untuk kendaraan roda empat, penurunannya bahkan mencapai 22,2%.

"Diberlakukannya PSBB ini, kendaraan roda dua yang keluar masuk ke Surabaya turun 12,96 persen dan kendaraan roda empat yang keluar masuk surabaya turun 22,2 persen," papar Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (29/4/2020).

Khofifah menambahkan untuk penumpang kereta api, pesawat di bandara hingga pelabuhan justru mengalami penurunan drastis. Karena, ada pemberhentian kereta jarak jauh hingga penutupan bandara imbas larangan mudik.

"Selanjutnya kita bisa melihat ini sudah ada kaitan erat dengan larangan mudik bahwa penumpang yang turun di stasiun kereta api turun 95%, bandara turun 100% karena memang tidak ada penerbangan domestik kecuali kaitan dengan logistik dan pelabuhan juga turun 99%," papar Khofifah.

Tak hanya itu, Khofifah menyebut kapal dari luar pulau yang bertujuan ke Surabaya dan Gresik, kini hanya melayani logistik saja.

"Jadi saat PSBB diberlakukan kapal-kapal dari pulau-pulau yang akan ke area PSBB berarti berangkat ke surabaya mereka tidak lagi menjual tiket dari pelabuhan asal. Hanya kapal yang mengangkut logistik saja yang masih beroperasi, jadi kalau misalnya semula dari Kangean dari Sapudi ada yang ke Surabaya atau ke Gresik selama PSBB tidak ada lagi proses untuk menjual tiket dari titik-titik yang akan menuju area PSBB. Kalaupun ada kapal maka kapal itu untuk kepentingan logistik saja," pungkas Khofifah. (hil/iwd)