2 Santri Temboro Asal Malaysia Gagal Dipulangkan Gara-gara Paspor

Sugeng Harianto - detikNews
Selasa, 28 Apr 2020 13:33 WIB
ponpes temboro
Ponpes Al Fatah, Temboro (Foto: Istimewa)
Magetan -

Proses pemulangan santri Ponpes Al-Fatah Temboro Magetan ternyata tidak berjalan mulus. Ada dua santri asal Malaysia yang masih tertahan karena ada masalah dengan dokumen paspor.

"Memang masih ada dua yang tertahan (santri Temboro luar negeri). Yang dua orang ini ada masalah paspor," terang Bupati Magetan Suprawoto saat dihubungi detikcom, Selasa (28/4/2020).

Kedua santri tersebut oleh Pemkab dan Pemprov Jatim, kata Suprawoto masih dilakukan pengurus dokumen paspor. "Yang saya pahami paspornya masih diurus atau gimana begitu (semoga segera teratasi)," katanya.

Jubir Tim Gugus Tugas COVID-19 Magetan Saif Muchlissun membenarkan terkait dua santri asal Malaysia yang masih tertahan karena bermasalah dengan paspor.

"Menang betul (terkait paspor) ini Pemkab masih cari solusi," ujar Muchlis.

Sebelumnya, Pemkab Magetan memulangkan 124 santri Ponpes Al Fatah di Temboro ke Malaysia. Jumlah itu berkurang 29 dari jumlah awal karena hasil rapid test puluhan santri itu reaktif.

Pemulangan santri Temboro asal Malaysia ini atas permintaan negeri Jiran tersebut atas temuan klaster baru penularan COVID-19 di Temboro Magetan.

Simak juga video Malaysia Perpanjang Lockdown:

(iwd/iwd)