4 Cara Tingkatkan Imunitas dan Cegah Corona Saat Berpuasa

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 28 Apr 2020 06:18 WIB
rs unair
RS Unair/Foto file: Esti Widiyana
Surabaya -

Menjaga imunitas saat puasa, terlebih di tengah pandemi Corona sangat diperlukan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga atau meningkatkan imunitas.

Menurut Ahli Gizi RS Unair Surabaya Prof dr Bambang Wirjatmadi MS MCN PhD Sp Gk, ada empat cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas. Mulai dari memperbaiki asupan saat sahur dan buka puasa hingga membiasakan mencuci tangan.


1. Meningkatkan protein

Menurutnya, di tengah pandemi Corona imunitas tubuh harus tetap terjaga. Maka yang perlu dikonsumsi ialah protein. Seperti ikan laut dan daging. Terus mengkonsumsi sayur dan buah juga.

"Jika tadinya protein ada 25 persen dan lemaknya 10 persen, sebaiknya lemak dikurangi jadi 5 persen proteinnya 30 persen," kata Bambang saat dihubungi detikcom, Senin (27/4/2020).

Bambang menjelaskan, kandungan protein berhubungan dengan imunitas. Sebagian besar protein ada pada ikan laut, tetapi yang tidak mengandung lemak.

"Jangan cumi, kerang, kepiting, rajungan, udang laut, lobster diusahakan tidak itu. Kalau ikan laut seperti salmon atau tuna silahkan," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2